Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Peminatan Kelas XI Terbitan Mediatama Materi Irisan Kerucut dan Polinomial Berdasarkan Taksonomi Bloom
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.156Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal pada buku teks matematika peminatan kelas XI terbitan Mediatama berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penilitian yang dilakukan adalah adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika peminatan kelas XI terbitan mediatama materi irisan kerucut dan polinomial. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lembar analisis dan lembar kesesuain tingkat kognitif. Metode pengumpulan data metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada materi irisan kerucut dari 30 soal memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 28 soal (93,3%), mengevaluasi (C5) sebanyak 2 soal (6,7%), serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), menganalisis (C4), dan mencipta (C6). Materi polinomial dari 29 soal memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 25 soal (86,2%), menganalisis (C4) sebanyak 2 soal (6,9%), dan mengevaluasi (C5) sebayak 2 soal (6,9%), serta tidak adamya tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), dan mencipta (C6).
Kata Kunci: Buku Teks Matematika, Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Referensi
Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi Unej. 2(1), 1-4.
Anderson, L. W., & Krathwohl, David R. (Eds.). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Badjeber, R., & Purwaningrum, J.P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36-43.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1), 72-78.
Himmah, W. I., (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Jurnal of Medives. 3(1), 55-63.
Kemendikbud. 2016. Matematika Kelas VII Semester II kurikulum 2013 revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Misbahuddin., & Hasan, I., (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statisti (edisi ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametriks (cetakan ke-11). Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif, dan R&D (cetakan ke-23). Bandung: CV. ALFABETA.
Sulistiani, E. (2015). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. 605–612.
Su'udiah, F., Degeng, S. N. I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendiidkan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(9), 1744–1748.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.