Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas VII Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.157Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif dari soal pada Buku Teks Matematika Kelas VII Semester 2 Terbitan Erlangga Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Soal- Soal dalam Buku Matematika kelas VII Semester II kurikulum 2013 revisi 2016 penerbit Erlangga pada materi garis dan sudut. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi dan lembar kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal latihan pada materi garis dan sudut memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebesar 43,58% , mengaplikasikan (C3) sebesar 51,95%, menganalisis (C4) sebesar 3,91%, mengevaluasi (C5) sebesar 0,56%, dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta (C6). Pada soal-soal uji kompetensi materi garis dan sudut memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebesar 10%, mengaplikasikan (C3) sebesar 73,5%, menganalisis (C4) sebesar 16,5%, dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).
Kata Kunci: Soal, Buku Teks Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi.
Referensi
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 72–78.
Fauzi, F., Sumardi, H., & Hanifah, H. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 177-188
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/10093
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian.. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. 2016. Matematika kelas VII Semester II kurikulum 2013 revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Guru Dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.492
Misbahuddin., & Hasan, I. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistika Eisi ke 2. Jakarta : Bumi Aksara
Sofyatiningrum, Etty dkk. 2018. Muatan Hots pada Pembelajaran Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan , Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. 2013. Statistik Nonparametrik. Bandung : Cv Alfabeta
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
Prasetya, I. Y. (2017). Analisis Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas VII Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta:Surakarta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.