Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Matematika Kelas VIII Semester 2 Terbitan Viva Pakarindo Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.166Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal pada buku pendamping matematika kelas VIII semester 2 terbitan Viva Pakarindo berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal pada buku pendamping matematika kelas VIII semester 2 terbitan Viva Pakarindo bab lingkaran dan bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis dan lembar kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pada materi lingkaran memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 5,55 %, mengaplikasikan (C3) sebanyak 85,19 %, menganalisis (C4) sebanyak 9,26 %, serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), mencipta (C6), dan terdapat 3 butir soal salah. Sedangkan pada materi bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 1,75 %, mengaplikasikan (C3) sebanyak 82,46 %, menganalisis (C4) sebanyak 15,76 %, serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), mencipta (C6). Berdasarkan hasil analisis, sebaran tingkat kognitif soal materi lingkaran dan bangun ruang sisi datar belum bervariasi atau belum proporsional.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. (2014). Deskripsi Instrumen I Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Fadhilatanni, I. (2020). Analisis Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas X dalam Perspektif Kebijakan Perbukuan. Persepktif Ilmu Pendidikan, (Online), 34(2), 109–116. (https://doi.org/10.21009/PIP.342.5, diakses 29 Januari 2021)
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ilyas, M., Ma’rufi, & Nisraeni. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. In Pustaka Ramadhan.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume I) : What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Romansyah, F., & Nurhamdiah. (2018). Profil Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Luas dan Keliling Lingkaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 1703–1709. (https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/160/149, diakses 3 Februari 2021)
Santoso, F. E., Napitupulu, E., & Amry, Z. (2018). Analisis Metakgonisi Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Model Pembeljaran Problem Based Learning (PBL). Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 11(1), 1–14. (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article.download/22887/15048, diakses 15 Februari 2021)
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1259–1272. (https://doi.org//10.31004/cendekia.v4i2.335, diakses 18 Januari 2021) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.