Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Terbitan Kemendikbud Revisi 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Penulis

  • Tri Wahyuni Universitas Bengkulu
  • Nurul Astuty Yensy Universitas Bengkulu
  • Nur aliyyah Irsal Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.195

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal Uji Kompetensi materi perbandingan dan Aritmatika Sosial pada buku teks matematika kelas VII terbitan kemendikbud revisi 2017 berdasarkan taksonomi bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal Uji Kompetensi materi perbandingan dan Aritmatika Sosial pada buku teks matematika kelas VII terbitan kemendikbud revisi 2017. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal oleh peneliti,lembar analisis tingkat kognitif soal oleh teman sejawat dan lembar kesesuaian tingkat kognitif soal oleh peneiti dan teman sejawat. Metode pengumpulan data yang diguakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Soal Uji kompetensi yang dianalisis untuk bab perbandingan berjumlah 45 pertanyaan dan pada bab aritmatika sosial berjumlah 34 pertanyaan. Pada bab perbandingan memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 9 pertanyaan (20%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 27 pertanyaan (60%),menganalisis (C4) sebanyak 7 pertanyaan (15,6%) dan mengevaluasi (C5) sebanyak 2 pertanyaan (4,4%) ,serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta (C6). Sedangkan soal uji kompetensi pada bab aritmatika sosial memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan(C3) sebanyak 25 pertanyaan (73,5%) dan menganalisis (C4) sebanyak 9 pertanyaan (26,5%), serta tidak danya tingkat kognitif mengingat (C1),memahami (C2),mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).

Kata kunci : Buku Teks Matematika,Tingkat Kognitif Soal,Uji Kompetensi

Referensi

Anderson, Lorin. W & David R. Krathwohl (Eds). (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

As’ari,A.R., dkk(2017) Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Edisi Revisi 2017 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Helmawati.(2019). Pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Permendiknas. (2005). Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rufiana, I. S. (2015). Level Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Untuk Pendidikan Menengah. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–22.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Sma Kelas Xi Peminatan Ipa Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i1.81

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Tarigan, H.G.,& Djago,T. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-11

Cara Mengutip

Wahyuni, T., Yensy, N. A., & Irsal, N. aliyyah. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Terbitan Kemendikbud Revisi 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi . FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 123–133. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.195

Terbitan

Bagian

Articles