Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Teks Matematika Terbitan Kemendikbud Pada Materi Fungsi Berdasarkan Taksonomi Bloom

Penulis

  • Holilaturrosyidah Holilaturrosyidah Universitas Bengkulu
  • Hanifah Hanifah
  • Nurul Astuty Yensy B Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.201

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal buku teks matematika kelas X edisi revisi 2017 pada materi fungsi terbitan Kemendikbud berdasarkan taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom yang digunakan ialah taksonomi Bloom revisi pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memhami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi fungsi pada buku teks matematika kelas X semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Soal-soal yang dianalisis berjumlah 59 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal-soal pada materi fungsi memiliki tingkat kognitif memahami  mengaplikasikan (C3) sebanyak 52 pertanyaan (88,136%), menganalisis (C4) sebanyak 5 pertanyaan (8,474%), mengevaluasi (C5) sebanyak 1 pertanyaan (1,695%), mencipta sebanyak 1 pertanyaan (1,695%) dan tidak memuat soal dengan tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2). Sehingga, didapat bahwa sebaran dan persentase tingkat kognitif soal-soal materi fungsi pada buku teks tersebut belum proporsional.

Kata kunci: Buku teks matematika, taksonomi bloom, tingkat kognitif, soal

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengejaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Giani, Zulkardi, & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1–20.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Heryanto, H., Susanta, A., & Hanifah, H. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas Vii Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 131–138. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/13027

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Meutia, M. F., B, N. A. Y., & Rusdi. (2021). Analisis Soal Bab Limit Fungsi dalam Buku Matematika SMA Kemendikibud Kelas XI Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 41–49.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saepulloh, A. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Studi tentang ketercapaian standar uji kompetensi siswa dalam mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan di SMK. Journal of Mechanical Engineering. 3(2), 154–158.

Sinaga, B., Sinambela, P. N. J. ., Sitanggang, A. K., Hutapea, T. A., Manulang, S., Sinaga, L. P., & Simanjorang, M. (2017). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 6(1), 65–73.

Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1259–1272.

Wibowo, T., Purwoko, R., & Hermansyah, W. (2018). Analisis tingkat kognitif siswa smp dengan kemampuan rendah berdasarkan taksonomi revisi bloom pada pemecahan masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, Dan Teknologi Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika Dan Pembelajarannya,” 334–340.

Widiyati, W. (2014). Belajar dan Pembelajaran Perspektif Teori Kognitivisme. Jurnal Biology Science & Education. 2014, 3(2).

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-01

Cara Mengutip

Holilaturrosyidah, H., Hanifah, H., & Yensy B, N. A. . (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Teks Matematika Terbitan Kemendikbud Pada Materi Fungsi Berdasarkan Taksonomi Bloom. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(1), 01–10. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.201

Terbitan

Bagian

Articles