Analisis Jawaban Siswa Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Komunikasi Matematika

Penulis

  • Hizmi Wardani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurdalilah Nurdalilah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Haryati Ahda Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.202

Kata Kunci:

Kemampuan Komunikasi Matematika, Jawaban siswa, Indikator komunikasi

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematika merupakan suatu kemampuan yang tidak hanya menyatakan ide tertulis melainkan suatu kemampuan menjelaskan, mendengar,  bertanya, menggambarkan dan bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jawaban siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematika. Pendekatan penelitian adalah pendekatakan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan menggambarkan hasil jawaban siswa secara keseluruhan berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematika. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs. Nurul Hakim. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematika siswa sebanyak 3 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan secara umum menunjukan siswa MTs Nurul Hakim mampu menyelesaikan masalah berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematika sebesar 83,13% atau kategori tinggi.

Referensi

Ani. M, & Sri. D. L & Annajmi. (2018). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Harapan Cerdas Publisher.

Aini, N.N., Sukestiyarno, S. and Waluya, B., (2015). Analisis komunikasi matematis dan tanggung jawab pada pembelajaran formulate share listen create materi segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2).

Ahmad, M. and Nasution, D.P., (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), pp.83-95.

Agustyaningrum, N. (2011, December). Implementasi model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 377)

Aisyah, A., & Rosyada, A. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma siswa kelas x SMA Islam al-falah jambi. Nabla Dewantara, 2(1), 1-14.

Ansari, B. (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

Ashim, M., Asikin, M., Kharisudin, I., & Wardono, W. (2019, February). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 687-697).

Choridah, D.T., (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), pp.194-202.

Fadillah, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 1-12.

Gordah, E. K., & Astuti, R. (2013, November). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Model Reciprocal Teaching di STKIP PGRI Pontianak. In Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 9, No. 2, pp. 227-232)

Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.

Ismail, S.W., dkk (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku

Kania, N. (2018). Software Geogebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis pada Materi Graf. Jurnal Theorems, 3(1), 22-31

Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Krismanto, A. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lorensia, M., (2017). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SD Di Kabupaten Manggarai NTT. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(1), pp.16-26.

Marliani, N., (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Nanang, S & Rani, D. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis siwa lamban belajar dalam menyelesaikan soal bangun datar. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1),1-9.

Nahdi, D.S., (2019). Efektivitas pendekatan brainstorming teknik round-robin dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), pp.11-22.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101-112.

Nunu, N. (2017). Pengembangan perangkat bahan ajar pada pembelajaran matematika realistic Indonesia untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika mahasiswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 121-135.

Nurhafizhoh, S & Kms, A.F & Hasratuddin. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pembelajaran matematia realistic untu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). 6(2), 70-77.

Oktari, D., & Haji, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa S1 PGMI Dengan Pembelajaran Investigasi Pada Matakuliahmetodologi Penelitian Di Iain Kota Bengkulu. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 95-110.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.

Rosita, C.D., (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis: Apa, mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada mahasiswa. Euclid, 1(1).

San Fauziya, D. (2018). Pembelajaran kooperatif melalui teknik duti-duta dalam meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 159-167.

Siagian, Muhammad Daut.,(2016) "Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika." MES: Journal of Mathematics Education and Science 2, no. 1.

Susanti, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Di Tinjau Dari Self-Concept. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2).

Sufi, L. F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 260.

Sondang, N. (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 2 Sidikalang. Indonesian Digital Journal of Mathematicss and Education. 4(3), 240-254.

Triwibowo. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa melalui strategi trajectory learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika yang diselenggarakan oleh jurusan matematika FMIPA UNS, bulan Februari 2018. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tommy, T. W & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan komunikasi matematika siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 53-60.

Wulandari, S., Mirza, A., & Sayu, S. (2014). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada SMA Negeri 10 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 3(9), 3-10.

Wardani, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Menggunakan CTL di MTS Nurul Hakim Tembung. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 25-31

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104.

Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2).

Yuliani, A. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada mahasiswa melalui pendekatan contextual teaching and learning (ctl). Infinity Journal, 4(1), 01-09.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-12

Cara Mengutip

Wardani, H., Nurdalilah, N., & Nasution, H. A. (2021). Analisis Jawaban Siswa Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Komunikasi Matematika. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 140–150. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.202

Terbitan

Bagian

Articles