Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Peluang Buku Matematika Kelas XII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.203Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi Materi Peluang pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas XII Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah soal-soal dalam Buku Teks Matematika Kelas XII Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud yang disusun oleh Abdur Rahman As’ari, dkk pada materi Peluang, berjumlah 20 soal dengan 40 pertanyaan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar klasifikais dan lembar kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif soal-soal latihan pada materi peluang memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebesar 5%, mengaplikasikan (C3) sebesar 55%, menganalisis (C4) sebesar 40%, dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebesar 65%, menganalisis (C4) sebesar 35% dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).
Referensi
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.
Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
As’ari, A. R., Chandra, T. D., Yuwono, I., Anwar, L., Nasution, S. H., Hasanah, D., Muksar, M., Sari, V. K., & Atikah, N. (2018). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1). 72-78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2il.1483
Giani., Zulkardi., & HilTrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78-98. https://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2125.78 - 98
Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–203. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475
Hartuti, M., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 di Kelas Rendah. Journal of Primary Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i1.7370
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Mmatematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-26
Juita, R. N. (2021). Analisis Level Kognitif Soal Trigonometri pada Buku Teks Matematika SMA/MA Kelas X Penerbit Kemendikbud Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi
Kadir, A. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.
Sugiyono. (2018). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.