Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Peluang Buku Matematika Kelas XII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Penulis

  • Andriany Ussandi Program Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Bengkulu
  • Hanifah Hanifah Program Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Bengkulu
  • Hari Sumardi Program Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.203

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi Materi Peluang pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas XII Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah soal-soal dalam Buku Teks Matematika Kelas XII Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud yang disusun oleh Abdur Rahman As’ari, dkk pada materi Peluang, berjumlah 20 soal dengan 40 pertanyaan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar klasifikais dan lembar kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif soal-soal latihan pada materi peluang memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebesar 5%, mengaplikasikan (C3) sebesar 55%, menganalisis (C4) sebesar 40%, dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebesar 65%, menganalisis (C4) sebesar 35% dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).

Referensi

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.

Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

As’ari, A. R., Chandra, T. D., Yuwono, I., Anwar, L., Nasution, S. H., Hasanah, D., Muksar, M., Sari, V. K., & Atikah, N. (2018). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1). 72-78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2il.1483

Giani., Zulkardi., & HilTrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78-98. https://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2125.78 - 98

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–203. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475

Hartuti, M., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 di Kelas Rendah. Journal of Primary Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i1.7370

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Mmatematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-26

Juita, R. N. (2021). Analisis Level Kognitif Soal Trigonometri pada Buku Teks Matematika SMA/MA Kelas X Penerbit Kemendikbud Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi

Kadir, A. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-26

Cara Mengutip

Ussandi, A., Hanifah, H., & Sumardi, H. . (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Peluang Buku Matematika Kelas XII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 151–160. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.203

Terbitan

Bagian

Articles