Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Mandiri Matematika SMP/MTS Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbitan Erlangga Materi Pythagoras
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.215Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif yang terdapat pada soal pilihan ganda Materi Pythagoras dalam buku mandiri matematika terbitan Erlangga SMP kelas VIII materi Pythagoras berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda materi Pythagoras pada buku mandiri matematika Kelas VIII. Soal-soal pilihan ganda yang dianalisis berjumlah 80 soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 9 soal (11,25%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 56 soal (70%), menganalisis (C4) sebanyak 15 soal (18,75%), serta tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Soal pilihan ganda pada materi Pythagoras ini mendominasi kedalam tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi Pythagoras belum proposional.
Kata kunci: Soal, Pythagoras, Buku Mandiri Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom
Referensi
Anderson Lorin W. dan Krathwohl David R. (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Anderson Lorin W. dan Krathwohl David R. (ed.); cetakan 1). Pustaka Belajar.
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonom Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 72–78.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman, A. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson Di SMP Kota Kendari. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(2), 179–190.
Permendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Sereal Untuk, 51.
Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 pasal 6 ayat 2 dan 3. 2008. https://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2009/04/Permen-No.-2-tahun-2008-Buku-08.pdf
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (D. Wijaya (ed.)). DIVA Press.
Rahayu, L. S., Susanta, A., & Yensy, N. A, (2021) Analisis Soal Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 5(1). ISSN 2581-253X. DOI:https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.50-57
Rufiana, I. S. (2015). Level Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Untuk Pendidikan Menengah. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–22.
Sartika, P.D., Maizora, S., Siagan, T.A., & Susato, E. (2021) Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Pada Materi Statistika Buku Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 5(1). ISSN 2581-253X. DOI:https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.121-130
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sudjana, N. (2017). Penelelitian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syarifah, L. L., Yenni, Y., & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259–1272. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.