Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Masa Pandemi Covid 19 pada SMK N.1 BARUMUN
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.220Kata Kunci:
Pembelajaran Matematika, Motivasi belajarAbstrak
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah penyebaran wabah covid – 19 yang mengkibatkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat No.36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan work from home untuk mencegah penyebaran covid-19. Salah satu masalah yang timbul dalam pembelajaran daring adalah pembelajaran matematika. Dimana kita ketahui sendiri, untuk pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sangat sulit menurut para peserta didik. Akan tetapi wabah covid -19 menjadi hambatan menurut peserta didik dan pengajar dalam proses pembelajaran daring. Hal yang sangat penting untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh terutama pelajaran matematika adalah dengan adanya motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan 1) Angket, untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berpikir induktif 2) Wawancara, untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X AV1 SMK Negeri 1 Barumun dalam pembelajaran matematika secara daring terealisasi sesuai dengan yang diharapkan dilihat dari proses penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran daring, dimana terdapat skor jawaban keseluruhan siswa berada pada kategori baik sebesar 80,62%.
Referensi
Dede, G., Muhammad Khairunnas;, Zulmuqim;, & Demina. (2021). PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA COVID-19 Pendahuluan Awal tahun 2020 , dunia digegerkan dengan adanya virus baru yang. Kelola:Journal of Islamic Education Management, 6(1), 61–76.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Direktoral Jenderal Perguruan Tinggi Dekdikbud. http://diktikemdikbud.go.id
Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. 5(2).
Harahap, H. M. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung. 3(2), 134–141.
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51
Maisyaroh Agsya, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, volume 4, 32–38. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003
Marfu’ah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Online Di SMP Negeri 1 Cilongok PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA. Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id.
Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Musyarrof, A. F., Nugroho, S. E., & Masturi, M. (2018). The Analysis of Students’ Critical Thinking Weakness in Senior High School on Physics Learning. 3, 17–32. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.8
Prayitno, W. (2015). Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Artikel LPMP D.I. Yogyakarta, 1–14. file:///E:/Matematika/TUGAS NEGARA/Proposal/ref/Blended-Learning_Wendhie.pdf
Sajow, G. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Menengah Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Jurnal Politico, 10(4).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.