Optimasi Waktu Tunggu Total Dengan Metode Webster dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso

Penulis

  • Chairani Chairani Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Indra Jaya Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Hendra Cipta Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.226

Kata Kunci:

Kemacetan Lalu Lintas, Graf Kompatibel, Metode Webster

Abstrak

Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso merupakan salah satu persimpangan yang sering mengalami masalah kemacetan dikarenakan durasi nyala lampu hijau lebih sedikit dibandingkan dengan nyala lampu merah sehingga waktu tunggu bagi kendaraan belum optimal. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu mengatasi kemacetan lalu lintas dengan pemodelan graf kompatibel menggunakan metode Webster. Pemodelan graf kompatibel digunakan untuk mengetahui fase lampu lalu lintas dan arus yang dapat berjalan dengan bersesuaian sedangkan metode Webster digunakan untuk mengetahui keoptimalan waktu tunggu bagi kendaraan di persimpangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat 3 fase lampu lalu lintas yang dioptimalkan. Pengoptimalan waktu tunggu total di persimpangan dengan menggunakan metode Webster menghasilkan siklus waktu yang optimum yaitu untuk setiap fase mendapatkan waktu 220 detik. Hasil dari metode ini dikatakan efektif karena tiap kaki simpang yang bervolume tinggi dengan lebar jalan yang lebih kecil terdapat penambahan dan pengurangan durasi nyala lampu lalu lintas.

Referensi

Daniel, F., & Prida, N. L. (2019). Teori Graf. Deepublish. https://books.google.com/books/about/Teori_Graf.html?id=r0HGDwAAQBAJ

Fanani, A. (2016). Optimasi Waktu Tunggu Lampu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan. Systemic: Information System and Informatics Journal, 2(1), 4550. https://doi.org/10.29080/systemic.v2i1.107

Farida, Y., Fanani, A., Purwanti, I., Wulandari, L., & Zaen, N. J. (2020). Pemodelan Arus Lalu Lintas dan Waktu Tunggu Total Optimal Di Persimpangan Jl. Jemur Andayani Ahmad Yani Sebagai Upaya Mengurai Kemacetan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 389398. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp389-398

Khairani, M. (2018). Matematika Diskrit. Perahu Literatur.

Marsudi. (2016). Teori Graf. UB Press.

Maslim, M., Dwiandiyanta, B. Y., & Viany Susilo, N. (2018). Implementasi Metode Logika Fuzzy dalam Pembangunan Sistem Optimalisasi Lampu Lalu Lintas. Jurnal Buana Informatika, 9(1), 1120. https://doi.org/10.24002/jbi.v9i1.1661

Poernamasari, I., Tumilaar, R., & Montolalu, C. E. J. C. (2019). Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas dengan menggunakan Metode Webster (Studi Kasus Persimpangan Jalan Babe Palar). DCARTESIAN, 8(1), 27 35

Staf Pengajar ITP. Diktat Kuliah 9 RLL. Retrieved February 27, 2021, from http://sisfo.itp.ac.id/bahanajar

Sumanto. (2020). Teori dan Aplikasi Metodologi Penelitian. ANDI Offset.

Ulfah, C. (2018). Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas Kota Medan menggunakan Graf dan Metode Webster. Universitas Sumatera Utara.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-10

Cara Mengutip

Chairani, C., Jaya, I., & Cipta, H. (2021). Optimasi Waktu Tunggu Total Dengan Metode Webster dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 175–180. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.226

Terbitan

Bagian

Articles