Pengembangan Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat Berbasis Etnomatematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional 8

Penulis

  • Muhammad Fawez Pangestu Universitas Siliwangi
  • Ristiana Ristiana Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.228

Kata Kunci:

bahan ajar, segitiga dan segiempat, etnomatematika, macromedia flash

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar segitiga dan segiempat berbasis etnomatematika menggunakan Macromedia Flash Professional 8. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap diantaranya, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Baregbeg sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi setelah dikonversi diperoleh skor rerata sebesar 3,53 dengan kategori sangat valid dan untuk hasil validasi ahli media setelah dikonversi diperoleh skor rerata 3,10 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas produk kelompok kecil diperoleh total nilai sebesar 81,875% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas produk kelompok besar diperoleh total nilai sebesar 82,528% dengan kriteria sangat praktis. Dihasilkan produk berupa bahan ajar segitiga dan segiempat berbasis etnomatematika menggunakan Macromedia Flash Professional 8 yang dinyatakan valid dan praktis.

Referensi

Arif, D. S. F., Purnomo, D., & Sutrisno, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89-100.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11-19.

Dama, Y. F., Bhoke, W., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 610-618.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Maryana, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan iSpring Quizmaker pada Materi Teorema Pythagoras. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2).

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 6 (1), 140-150.

Nurmaya, R., Herawati, R., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123-129.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Rahmi, M. A. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178-185.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645-656.

Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191-204.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2).

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-17

Cara Mengutip

Pangestu, M. F. ., Ristiana, R., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat Berbasis Etnomatematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional 8. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 181–188. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.228

Terbitan

Bagian

Articles