Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250Kata Kunci:
Pemecahan Masalah, Matematika RealistikAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa rendah dan siswa tidak terbiasa melakukan penyelesaian masalah dengan berbagai prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Budi Satrya. Instrumen yang digunakan tes pemecahan masalah matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,95. Analisis data dilakukan dengan uji t dan Mann Withney. Hasil utama dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan biasa.
Referensi
Adhimah, O. K., & Ekawati, R. (2020). Perilaku pemecahan masalah siswa smk dalam menyelesaiakan masalah kombinatorika ditinjau dari kecemasan matematika. 04(01), 346–352.
Asyura, I., & Dewi, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 976–989. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.325
Ended, O., & Masalah, P. (2018). MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA. 2(1), 109–118.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. 05(01), 551–561.
Khotimah, S. H. (1858). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. 4, 491–498.
Linier, P., & Variabel, D. U. A. (n.d.). 1 , 2 ,.
No Title. (2019). 3(1), 11–20.
Padegogik, J. (2021). Jurnal Padegogik. 4(1), 1–11.
Pendekatan, P., Realistik, M., Kemampuan, T., & Masalah, P. (2018). Jpmi 1. 1(5), 949–956.
Studi, P., Matematika, P., Galuh, U., Kunci, K., Pemecahan, K., & Matematis, M. (2017). PENILAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Asep Amam. 2(1), 39–46.
Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD The Effect of Using Realistic Mathematics on Motivation and Learning Achievement of Primary School Students. 5(2), 151–159.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.