Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Penulis

  • Risna Mira Bella Saragih Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Yumira Simamora Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Matematika Realistik

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa rendah dan siswa tidak terbiasa melakukan penyelesaian masalah dengan berbagai prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui  perbedaan peningkatan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Budi Satrya. Instrumen yang digunakan tes pemecahan masalah matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,95. Analisis data dilakukan dengan uji t dan Mann Withney. Hasil utama dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan biasa.

Referensi

Adhimah, O. K., & Ekawati, R. (2020). Perilaku pemecahan masalah siswa smk dalam menyelesaiakan masalah kombinatorika ditinjau dari kecemasan matematika. 04(01), 346–352.

Asyura, I., & Dewi, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 976–989. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.325

Ended, O., & Masalah, P. (2018). MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA. 2(1), 109–118.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. 05(01), 551–561.

Khotimah, S. H. (1858). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. 4, 491–498.

Linier, P., & Variabel, D. U. A. (n.d.). 1 , 2 ,.

No Title. (2019). 3(1), 11–20.

Padegogik, J. (2021). Jurnal Padegogik. 4(1), 1–11.

Pendekatan, P., Realistik, M., Kemampuan, T., & Masalah, P. (2018). Jpmi 1. 1(5), 949–956.

Studi, P., Matematika, P., Galuh, U., Kunci, K., Pemecahan, K., & Matematis, M. (2017). PENILAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Asep Amam. 2(1), 39–46.

Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD The Effect of Using Realistic Mathematics on Motivation and Learning Achievement of Primary School Students. 5(2), 151–159.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-23

Cara Mengutip

Saragih, R. M. B., & Simamora, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 189–196. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250

Terbitan

Bagian

Articles