Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Materi Transformasi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.284Kata Kunci:
Kata kunci: Buku Teks Matematika, Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi pada buku teks matematika kurikulum 2013 kelas XI revisi 2017 terbitan Kemendikbud berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif dimana terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi pada buku teks matematika kelas xi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 5 soal dan soal uji kompetensi berjumlah 95 soal. Pada soal latihan memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 4 soal (80%) dan menganalisis sebanyak 1 soal (20%) serta tidak ditemukannya tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 11 soal (11,58%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 78 soal (82,10%) dan menganalisis sebanyak 6 soal (6.32%), serta tidak ada tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi belum bervariasi atau belum proporsional.
Kata kunci: Buku Teks Matematika, Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.
Referensi
Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia (Pertama). Yogyakarta: Deepublish.
Hardini, I., & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lestari, K. E., & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Cet-ketiga). Bandung: PT. Refika Aditama.
Nurhadi, & Suwardi. (2010). Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan (Y. S (ed.); cet. 1). Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat (Cet-5). Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika (Pertama). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Cet-1). Literasi Media Publishing. https://zenodo.org/record/1117422#.XvJL-5oza00
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa. 04(02), 1259–1272.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.