Penerapan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika Realistik
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.316Kata Kunci:
Pendekatan Open Ended, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Tujuan penelitian ini melihat penerapan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan segi empat di kelas VII SMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat akibat di terapkannya pendekatan Open Ended. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata yaitu 64,72, di mana hanya 10 siswa atau 27,78% yang tuntas, sedangkan 26 siswa atau 72,22% tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 70,41, di mana hanya 16 siswa atau 44,45% yang tuntas, sedangkan 20 siswa atau 55,55% tidak tuntas. Pada sisklus III nilai rata-rata yaitu 82,91, di mana ketuntasan siswa meningkast yaitu jumlah siswa yang tuntas belajar bertambah menjadi 32 siswa atau 88,89 %, sedangkan 4 siswa atau 11,11% tidak tuntas.
Referensi
Abdurrahman,M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Imamuddin, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 11. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138
Ngalimun .2013.Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Noer, S.H. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah open-ended. Jurnal: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 5(1).
Pembangunan, U., Budi, P., & Utara, S. (2020). MES : Journal of Mathematics Education and Science SISWA TINGKAT SMP kebiasaan guru dalam menyajikan ilmu matematika dalam bentuk produk jadi , siap pakai , mengulanginya terus sehingga menjadikannya semacam siklus . Misalkan , pada awalnya. 5(2), 18–24.
Tim MKPBM UPI.2001.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:JICA-FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Widodo, B. (2021). Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 910–916. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45178
Yusuf,Mariska.2009.Pengembangan soal open ended pada pokok bahasan segi tiga dan segi empat di SMP.Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3.No. 2
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.