Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.324Kata Kunci:
Pembelajaran Kooperatif, JIGSAW, Komunikasi MatematisAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa serta peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah digunakannya pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest postest kontrol grup design, yang mana ada dua kelompok dipilih secara random untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa serta akan dilihat juga peningkatan hasil belajar matematika setelah mendapat perlakuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi dan peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Referensi
Anita Lie, 2004. Cooperative Learning; Memprakktikkan Cooperative Learning diruang Kelas. Jakarta. Grasindo
Ansari, B, 2009. Komunikasi Matematik; Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh. Yayasan Pena
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni 2014. Cooperative Learning, Mengembangkan kemampuan belajar kelompok. Bandung, Alfabeta
Rusman 2018. Model-model pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Suprihatinimgrum, Jamil 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media
Yamin Martinis, 2013. Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta. gp press grup
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.