Analisis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Secara Daring Mata Pelajaran Matematika Siswa MTs Muhammadiyah Srumbung

Penulis

  • Erna Lisnawati Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta-Indonesia
  • Arie Purwanto Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.342

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring

Abstrak

Proses pembelajaran adalah interkasi antara guru dan siswa sehingga terjadi komunikasi secara timbal balik dan terarah dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang pelaksanaanya tidak bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan teknologi berupa HP atau Laptop serta didukung oleh jaringan internet. Banyak kendala yang dialami oleh siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa yang dilaksanakan secara daring di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekakan deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Srumbung, Kabupaten Magelang. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa yang mengalami pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar dalam hal teknis karena terdendala jaringan yang lemah dan pengawasan dari orang tua yang kurang. Faktor proses pembelajaran menjadi dominan dalam kesulitan belajar matematika secara daring karena kurangnya motivasi dan minat serta ketidak mampuan dalam memahami materi yang disampaiakn secara daring.

Referensi

Bunga, F., & Anggun, A. (2020). Tingkatan sosial ekonomi orang tua berdampak pada kemampuan belajar siswa di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 46-59.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Mycological Research, 94(4).

Falah, H., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(1). https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1253

Hutagalung, P. (2019). pengaruh dampak dari virus corona (covid-19). OSF Preprints.

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.935

Kemendikbud RI. (2020). Keputusan Bersama Kemendikbud No 23425. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 021.

Kemenkes RI. (2020). Mengenal Novel Coronavirus (2019-nCoV). Balai Besar Litbang Vektor Dan Reservoir Penyakit.

Pramiana, S., & Winaryati, E. (2014). Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Muhammadiyah Wonosobo. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 2(2).

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.

Rahmi, V. Y., & Helendra, H. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Biologi Yang Dialami Peserta Didik Kelas X Dibeberapa Sman Di Kota Padang. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 16(2).

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2019). Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3). https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Lisnawati, E. ., & Purwanto, A. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Secara Daring Mata Pelajaran Matematika Siswa MTs Muhammadiyah Srumbung. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(1), 71–75. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.342

Terbitan

Bagian

Articles