Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Peer Teaching
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.348Kata Kunci:
Metode Peer Teaching, Kemampuan Koneksi MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang pengaruh kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran peer teaching. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretes Postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA N 1 MATAULI PANDAN. Sampel kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 7 di SMA N 1 MATAULI PANDAN Tahun pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Penelitian ini melibatkan 2 kelompok subjek yaitu Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok mendapat tes kemampuan awal (pre-test) untuk mengetahui apakah kedua kelompok tersebut memiliki kemampuan yang sama. Dari hasil pembahasan perhitungan normalitas dengan menggunakan analisa grafik Histogram, menunjukkan bahwa model regresi tidak menyalahi asumsi normalitas yaitu berbentuk lonceng sehingga grafik histogram untuk variabel koneksi matematika dapat disimpulkan memiliki tingkat normal. Dengan demikian keseluruhan butir soal variabel X dan Y di atas dinyatakan valid. Secara spesifik dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI SMA di SMA N 1 MATAULI PANDAN sebelum diterapkannya metode pembelajaran peer teaching hanya sebesar 50,64. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai setelah diterapkannya metode pembelajaran peer teaching meningkat dari 50,64 menjadi 78,50. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran peer teaching terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI di SMA N 1 MATAULI PANDAN Tahun Pelajaran 2021/ 2022.
Referensi
Febianti, Yopi Nisa. (2014). “Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar, Jurnal Edunomic”. 2 (2).
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hendriana, Heris &Soemarno, Utari (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Ihsana El Khuluqo. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pembelajaran
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.
Mastrianto, Agus, et. al., (2017), “Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa”, Jurnal, UNILA, Bandar Lampung.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarmo, Utari. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung. Diterbitkan.
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Yurniwati. 2019. Pembelajaran Aritmatika. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.