Pengoptimalan Antrean Pelayanan Pasien Menggunakan Metode Monte Carlo di Puskesmas Labuhan Ruku Kabupaten Batubara
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.427Abstrak
Antrean merupakan suatu kejadian seseorang harus menunggu gilirannya untuk mendapatkan pelayanan. Hampir semua pelayanan mengalami suatu antrean, termasuk pada pelayanan pasien BPJS Puskesmas Labuhan Ruku Kabupaten Batubara. Solusi untuk mengatasi waktu tunggu pasien dibagian pelayanan registrasi menggunakan model simulasi Metode Monte Carlo. Dalam model ini menggunakan aturan First Come First Service (M/M/2) : (FCFS/∞/∞) dan proses antrean yang digunakan adalah Multichannel - SinglePhase. Pengolahan data yang dilakukan adalah data selama 5 hari pada, 2 September 2020, 3 September 2020, 8 September 2020, 9 September 2020, 17 September 2020. Di penelitian ini terdapat 2 (dua) pelayanan. Total rata-rata waktu tunggu pasien yang diperoleh sebelum penerapan model simulasi Metode Monte Carlo selama 5 hari yaitu: 87,9442 menit. Dan setelah melakukan penerapan model simulasi Metode Monte Carlo dengan penambahan 1 dokter, total rata-rata waktu tunggu pasien dibagian registrasi yaitu: 7,9941 menit. Dari hasil analisis penelitian dengan simulasi Metode Monte Carlo di bagian pelayanan registrasi selama 5 hari dengan melakukan penambahan 1 dokter maka waktu tunggu pasien mendapatkan pelayanan menjadi lebih minimum.
Referensi
Aruna, D.(2017). A Study on M/M/C Queues Model under Monte Carlo Simulation in Traffic Model, Dept of science and humanities, Kumaraguru College of Technology, Coimbatore.
Kakiay, TJ. (2004). Dasar Teori Antrean Untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta:Andi.
Heizer Jay, Render Barry. (2005). Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.
Aminuddin. (2005). Prinsip-prinsip Riset Operasi. Erlangga. Jakarta.
Hamdy., Taha. (1997). Riset Operasi. Edisi 5. Departemen of industrial Engineering University of Arlunsas Fayettevine.
Barreto, H., & Howland, F. (2006). Introductory Econometrics Using Monte Carlo Simulation With Microsoft Excel. USA: Cambridge University Press.
Hendra, & Nasution, H. (2012). Analisis Efisiensi Waktu Layanan Pada Sistem Administrasi. Jurnal ELKHA. Vol. 4 No. 2. 25-33.
Mulyono, Sri. 2017. Riset Operasi. Klaten: Mitra Wacana Media.
Raja Ayu, Mahessya. 2017. Pemodelan dan simulasi sistem antrean pelayanan pelanggan menggunakan metode monte carlo pada PT Pos Indonesia (Persero) Padang : Teknik Informatika, UPI “YPTK” Padang.
Sakinah N, 2019. Penerapan Sistem Antrean Pada Pelayanan Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Makassar. [skripsi]. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar, Maassar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.