Metode IPA Sebagai Analisis Kepuasan Penggunaan BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Faskes di Lubuk Pakam

Penulis

  • Retno Budiarti Universitas Sumatera Utara
  • Asima Manurung Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.431

Abstrak

Metode Importance Performance Analysis (IPA) ialah metode pengukuran kepuasan yang diterima oleh konsumen serta dapat digunakan untuk menganalisis performa suatu badan usaha maupun badan organisasi. Penelitian berikut dilakukan  guna mengetahui tingkat kepuasan para pengguna BPJS Kesehatan pada pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan di Lubuk  Pakam. Penelitian dilakukan di pusat-pusat fasilitas kesehatan yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan di  Lubuk Pakam seperti Rumah Sakit, Klinik dan Apotik dengan menyebar kuesioner penelitian  sebanyak 70 kuesioner kepada para pengguna BPJS Kesehatan yang mendapatkan pelayanan pada Fasilitas Kesehatan di Lubuk Pakam. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa hasil skor adalah sebesar 3.35 untuk kepuasan konsumen maka berdasarakan indeks kepuasan konsumen pada skor ini konsumen yaitu para pengguna BPJS Kesehatan merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan di Lubuk Pakam bagi para pengguna BPJS Kesehatan. Didapat pula hasil skor nilai harapan konsumen (expected service) lebih besar dibanding dengan nilai  pelayanan yang diterima (perceived service) yang menandakan pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan tergolong belum ideal serta belum memuaskan konsumen sepenuhnya.

Referensi

Algifari. (2019). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode Importan-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE.

Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.

BPJS kesehatan republik Indonesia (2022). Pengertian serta manfaat BPJS kesehatan https://bpjskesehatan.go.id/bpjs. Diakses pada 12 Januari 2022.

Kpmak Universitas Gajah Mada http://id.kpmak-ugm.org/. Diakses pada 4 April 2022

Listiyana, I., & Rustiana, E. R. (2017). Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health, 6(1), 53-58.

Muazansyah, I., & Sudirman, I. (2019). Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Tanjung Palas Berdasarkan Metode Importance Performance Analysis. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 75-83.

Permenkes RI. (2013). Tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan nasional. Jakarta : Peraturan Mentri Kesehatan

Prabowo, S. R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan BPJS dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA).

Ramadhanti, E., & Marlena, N. (2021). Analisis strategi kualitas layanan menggunakan metode importance-performance analysis (ipa). In FORUM EKONOMI (Vol. 23, No. 3, pp. 431-441).

Tribun news.com https://www.tribunnews.com/metropolitan/2020. Diakses pada 4 April 2022

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-10

Cara Mengutip

Budiarti, R., & Manurung, A. . (2023). Metode IPA Sebagai Analisis Kepuasan Penggunaan BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Faskes di Lubuk Pakam. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(1), 32–40. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.431

Terbitan

Bagian

Articles