Metode IPA Sebagai Analisis Kepuasan Penggunaan BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Faskes di Lubuk Pakam
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.431Abstrak
Metode Importance Performance Analysis (IPA) ialah metode pengukuran kepuasan yang diterima oleh konsumen serta dapat digunakan untuk menganalisis performa suatu badan usaha maupun badan organisasi. Penelitian berikut dilakukan guna mengetahui tingkat kepuasan para pengguna BPJS Kesehatan pada pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan di Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan di pusat-pusat fasilitas kesehatan yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan di Lubuk Pakam seperti Rumah Sakit, Klinik dan Apotik dengan menyebar kuesioner penelitian sebanyak 70 kuesioner kepada para pengguna BPJS Kesehatan yang mendapatkan pelayanan pada Fasilitas Kesehatan di Lubuk Pakam. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa hasil skor adalah sebesar 3.35 untuk kepuasan konsumen maka berdasarakan indeks kepuasan konsumen pada skor ini konsumen yaitu para pengguna BPJS Kesehatan merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan di Lubuk Pakam bagi para pengguna BPJS Kesehatan. Didapat pula hasil skor nilai harapan konsumen (expected service) lebih besar dibanding dengan nilai pelayanan yang diterima (perceived service) yang menandakan pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan tergolong belum ideal serta belum memuaskan konsumen sepenuhnya.
Referensi
Algifari. (2019). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode Importan-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE.
Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.
BPJS kesehatan republik Indonesia (2022). Pengertian serta manfaat BPJS kesehatan https://bpjskesehatan.go.id/bpjs. Diakses pada 12 Januari 2022.
Kpmak Universitas Gajah Mada http://id.kpmak-ugm.org/. Diakses pada 4 April 2022
Listiyana, I., & Rustiana, E. R. (2017). Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health, 6(1), 53-58.
Muazansyah, I., & Sudirman, I. (2019). Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Tanjung Palas Berdasarkan Metode Importance Performance Analysis. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 75-83.
Permenkes RI. (2013). Tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan nasional. Jakarta : Peraturan Mentri Kesehatan
Prabowo, S. R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan BPJS dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA).
Ramadhanti, E., & Marlena, N. (2021). Analisis strategi kualitas layanan menggunakan metode importance-performance analysis (ipa). In FORUM EKONOMI (Vol. 23, No. 3, pp. 431-441).
Tribun news.com https://www.tribunnews.com/metropolitan/2020. Diakses pada 4 April 2022
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.