Penentuan Strategi Pemasaran Optimum dengan Teori Permainan pada Marketplace (Studi Kasus: Persaingan Shopee dan Lazada)

Penulis

  • Nanda Febri Yani Sitio Universitas Sumatera Utara
  • Zahedi Zahedi Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.434

Kata Kunci:

Teori Permainan, Program Linear, Marketplace, Strategi Pemasaran, POM QM 5.3

Abstrak

Gaya belanja masyarakat mengalami pergeseran ditandai dengan marketplace dan e-commerce yang mengalami pertumbuhan. Sangat banyak pilihan marketplace yang dapat diakses masyarakat dengan mudah. Dengan banyaknya marketplace ini, banyak yang harus dipersiapkan oleh setiap marketplace agar memenangkan suatu persaingan dan selalu mempertahankan eksistensinya. Dengan demikian, setiap marketplace harus memikirkan dan menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Teori permainan merupakan satu cara yang digunakan dalam menganalisa strategi pemasaran tersebut. Teori permainan merupakan model matematika yang dipergunakan pada situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Pada dasarnya teori permainan adalah suatu studi interaksi strategi antara pemain dalam menentukan strategi terbaik dan nilai yang akan diterima. Salah satu unsur dasar dalam teori permainan adalah pemecahan setiap kasus teori permainan, yaitu matriks pay off ditampilkan pada tabel matriks permainan. Dengan menggunakan program linier dan dibantu aplikasi POM QM 5.3, maka didapatkan nilai permainan optimal antara Shopee dan Lazada adalah sebesar 4,6666. Dimana strategi optimum untuk Shopee dengan menggunakan strategi campuran, yaitu strategi promosi, strategi voucher diskon, dan strategi kemudahan transaksi. Dan strategi optimum untuk Lazada dengan menggunakan strategi campuran, yaitu strategi harga, strategi  promosi, dan strategi voucher diskon.

Referensi

Aminudin. (2005). Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Kotler, Philip., & Armstrong, Gary &. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Terjemahan oleh Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, A., & Zakaria, R. (2020). Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 1–14.

Siagian, P. (1987). Penelitian Operasional (Teori dan Praktek). Jakarta: Alfabeta.

Wahyuni, N., Saeful, A. I., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon. Pengabdian Dinamika Vol 5 no 1.

Walpole, Ronald E., Ramond H. Myers., Sharon L. Myers. (1989). Probabilitas dan Statistika untuk Sains. Terjemahan oleh Jozep Edyanto. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Yusuf, A Muri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-13

Cara Mengutip

Sitio, N. F. Y. ., & Zahedi, Z. (2023). Penentuan Strategi Pemasaran Optimum dengan Teori Permainan pada Marketplace (Studi Kasus: Persaingan Shopee dan Lazada). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(1), 50–57. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.434

Terbitan

Bagian

Articles