Desain Soal Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i2.440Kata Kunci:
Penalaran Matematis, Aritmatika Sosial, Valid, PraktisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis serta memiliki tingkat kesukaran dan indeks daya beda yang baik. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang memakai model Tessmer yang terdiri dari beberapa fase ialah preliminary, self evaluation, expert review and one-to-one, serta small group. Subjek penelitian ini ialah 33 orang siswa kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Data dianalisis secara kualitatif pada fase preliminary, self evaluation, expert review and one-to-one serta kuantitatif pada fase small group. Hasil penelitian ini diperoleh 5 soal yang valid berdasarkan komentar validator dari segi materi, kontruksi, serta bahasa. Menghasilkan 5 soal yang praktis berdasarkan keterbacaan dari tiga orang siswa, serta menghasilkan 4 soal yang terstandar ialah memiliki tingkat kesukaran serta indeks daya beda yang baik sehingga bisa dipakai untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa.
Referensi
Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to Measurement Theory. California: Cece Munshon.
Astuti, Y., & Ristontowi. (2022). Pengembangan soal kemampuan penalaran matematis untuk siswa sma. 9(2), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2508
Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika Serta Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1), 324–328. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2500
Fahrudi, F. E. (2019). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa. In Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Serta Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Gita, T. I. P., & Marlina, R. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Serta Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1), 1045–1051. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2449
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Serta Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894
Jurnaidi, J., & Zulkardi, Z. (2013). Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 37–54. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1860.25-42
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti1, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Marematis Siswa Memakai Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/304022469
Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Space and Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942
Noviana, K., Gunowibowo, P., & Asnawati, R. (2018). Efektivitas Contextual Teaching and Learning Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(3), 175–185. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/15237
Raihan, S. S., Bahri, S., Matheducation, J., & Vol, N. (2022). Analisis Hasil Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP-IT Darul Istiqlal. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.32696/jmn.v5i1.200
Riwayati, S., & Destania, Y. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 104. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.409
Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model Timss Matematika Smp. Jurnal Penelitian Serta Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230–240. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1697
Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan: Penyusunan kisi-kisi, Penulisan, & Analisis Butir Soal. Jakarta: Esensi erlangga group.
Setiani, D., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Aritmatika Sosial Uang. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 174–180. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12856/8494
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.
Suriani, N. K., Bharata, H., & Caswita. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(1), 1–10.
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/11711/8353
Wahyudi, T., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Memakai Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 1–14. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4300
Wanti, N., Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis serta Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56–69. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1497
Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, How. Diakses dari: https://www.oocities.org/zulkardi/books.html
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.