Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)

Penulis

  • Ade Sri Juwita, Risna Mira Bella Saragih, Israq Maharani Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Kooperatif, TGT

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tounament dengan Pemahaman Konsep pada materi Aljabar siswa kelas VIII MTs Pembangunan Lidah Tanah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan total sampling. Siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil utama dari penelitian ini adalah: meningkatnya pemahaman konsep aljabar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VIII MTs Pembangunan Lidah Tanah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematik sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-20

Cara Mengutip

Ade Sri Juwita, Risna Mira Bella Saragih, Israq Maharani. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 2(2), 20–31. Diambil dari http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/JMPM/article/view/45

Terbitan

Bagian

Articles