Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematik antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model NHT (Numbered Head Together) dengan Pembelajaran Langsung
Kata Kunci:
NHT (Numbered Head Together), Pembelajaran Langsung, Kemampuan Penalaran MatematikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan matemtik antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan pembelajaran langsung di SMP Al Washliyah 27 Medan pada mata pelajaran matematika Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Al Washliyah 27 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 54 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random rampling sehingga didapatkan kelas VII- A sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII- B sebagai kelas eksperimen B yang berjumlah 54 orang siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematik dalam bentuk uraian yang terlebih dahulu divalidkan sebagai aktivitas belajar siswa. Uji Hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis dua kelas pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung> ttabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan pembelajaran langsung memiliki perbedaan dalam kemampuan penalaran matematk siswa dengan didapatkan thitung =1,804 > ttabel = 1,073 sehingga dinyatakan memiliki perbedaan signifikan antara dua model pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.