Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X SMA Negeri 7 Medan
Kata Kunci:
Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, TGTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menerpakan model pembelajaran discovery learning di kelas X SMA Negeri 7 Medan. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Reseach). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Yang menjadi objek penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini terpilih kelas X dengan jumlah siswa keseluruhan 40 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 19 orang dan siswa perempuan 21 orang. Waktu penelitian dilaksanakan selama lebih kurang 2 (dua) bulan pada semester II tahun pelajaran 2015/2016, yaitu dari tanggal 04 April 2016 sampai 03 Juni 2016. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu berupa tes awal pada awal kegiatan penelitian, tes akhir yang dilaksanakan pada setiap siklus, mnelakukan observasi melalui lembar pengamatan pada setiap kegiatan. Hasil utama dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran dengan menggunakan Model discovery learning merupakan suatu cara yang tepat dan baik dilaksanakan dalam pembelajaran matematika di SMA, 2) Hasil belajar matematika siswa di kelas X dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning terjadi peningkatan. 3) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika setelah dilakukan tindakan baik pada siklus I dan siklus II semakin meningkat, Hal ini ditandai dengan frekuensi kehadiran siswa mengikuti pelajaran matematika semakin baik.