Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Langsung

Penulis

  • Rizkyanda Tamami, Yumira Simamora, Israq Maharani Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Kata Kunci:

Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Langsung, Berpikir Kreatif

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Langsung Materi Pecahan Kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua Tahun Pembelajaran 2019-2020. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 252 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling sehingga didapatkan sampel yaitu kelas VII-1 sebagai Eksperimen A dan kelas VII-2 sebagai Eksperimen B yang masing-masing kelas berjumlah 36 orang siswa. Jenis instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,3 > 1,997. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran langsung kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua tahun Pembelajaran 2019-2020 pada materi pecahan.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-20

Cara Mengutip

Rizkyanda Tamami, Yumira Simamora, Israq Maharani. (2019). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Langsung . FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 2(2), 54–63. Diambil dari http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/JMPM/article/view/48

Terbitan

Bagian

Articles