Pengembangan Bahan Ajar Pecahan Berbasis PMRI dengan Konteks ”Ular Tangga” di Kelas V SD

Penulis

  • Diah Putri Islamy Stisipol Candradimuka Palembang-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.623

Kata Kunci:

Pecahan, Pmri, ular tangga

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar materi pecahan dengan pendekatan PMRI menggunakan konteks ular tangga. Ular tangga merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan siswa sehingga dengan menggunakan buku ajar ini siswa dapat bermain sekaligus belajar pecahan kompeks. Penelitian ini  melalui dua tahap yaitu preliminary study yaitu tahap persiapan dan pengembangan model, dan formatif study yaitu tahap evaluasi dan revisi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 5 SD Paramount Palembang sebanyak 20 siswa.  Tahapan persiapan dilakukan denganmenganalisis materi dan bersesuaian dengan kurikulum, sedangkan pada tahap evaluasi dan revisi dilakukan dengan pengujian bahan ajar pada expert reviews (para pakar dan teman sejawat), one to one (diujikan pada 1 sampai 2 siswa), small group (kelompok siswa) dan field test (siswa subjek penelitian). Setelah dilakukan pengujian tahap akhir pada field test, maka akan dilakukan analisis terhadap kevalidan bahan ajar dan tingkat keaktifan siswa dan nilai siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah buku siswa yang telah didesain memiliki tingkat kevalidan yang baik dari penilaian para pakar dan dapat meningkatkan keaktifan respon siswa dalam belajar yaitu sebesar 85% serta meningkatkan nilai pemahaman konsep pecahan siswa dengan rata-rata 76,4.

Referensi

Alawiyah, W., S. Y., & Pranata, O. H. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 6 (1), hlm. 118-129.

Arianti, N., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(4), 394–402

Ariyanto,dkk. 2020.Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 2 No. 1.Juli 2020.

Handal,Boris & Herrington, Anthony. 2013. Mathematics Education Research Journal.Vol 15, No 1, 59-69.

Harahap,Dahniar. 2020. Penerapan Media Visual Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar PPKN Siswa PadaKelas V MIN Padang Hulu. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/686/1/014_DAHNIAR_HARAHAP.pdf

IDN Times, 2023. Peringkat Sistem Pendidikan Dunia 2023,Indonesia Peringakat Berapa?. https://www.idntimes.com/life/education/nisa-zarawaki/peringkat-pendidikan-dunia2023

Irma,dkk. 2022. Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Menggunakan Media Pohon Pintar : Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI. Jurnal Didaktika Kependidikan. Volume 16 No 1 Juni 2022

Malikah,Siti. 2022. Pembelajaran Matematika Kolaboratif Berbasis Online dengan Google Workspace for Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 06 No 03. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/download/1624/745/

Saraswati,S, & Dewantara,A.H. (2020).Konteks Pemilihan Ketua Kelas Pada Materi Persentase: desain Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI. Didaktika:Jurnal Kependidikan, 14(1), 30-43

Wardani,Hizmi, Nurdalilah,dkk. 2021.Analisis Jawaban Siswa Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Komuniksi Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Farabi. Volume 4,Nomor 02 Desember 2021, 140-150

Van den Heuvel-Panhuizen.,M.,&Drijvers,P. 2020. Realistic Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education. 713-717

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-11

Cara Mengutip

Islamy, D. P. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pecahan Berbasis PMRI dengan Konteks ”Ular Tangga” di Kelas V SD. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(2), 154–161. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.623

Terbitan

Bagian

Articles