Penerapan Model Pembelajaran Math Talk Learning Community Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa

Penulis

  • Dwi Laila Sulistiowati Prodi Tadris Matematika, FTIK, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.644

Kata Kunci:

kemandirian belajar siswa, math-talk learning community, pembelajaran matematika

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Math-Talk Learning Community dalam meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP Kota Metro. Sampel ditentukan berdasarkan pada teknik purposive sampling. Adapun dua kelas yang terpilih adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen yang memperolen pembelajaran dengan model Math-Talk Learning Community dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional. Data kemandirian belajar siswa diperoleh menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Instrumen angket diberikan sebanyak 2 kali kepada siswa sebelum diberi perlakuan (preresponse) dan setelah diberi perlakuan (postresponse). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemandirian belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Math-Talk Learning Community lebih baik secara signifikan dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model konvensional.

Referensi

Azka, R., & Santoso, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus untuk Mencapai Ketuntasan dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78–91. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7152

Booker, G., & Windsor, W. (2010). Developing algebraic thinking: Using problem-solving to build from number and geometry in the primary school to the ideas that underpin algebra in high school and beyond. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 411-419. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.057

Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Rosdakarya.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48-54. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V9I1.2293

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517

Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102-109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Hendriana, H., Rohaeti, EE., & Sumarmo U. (2017). Hard skills dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT Reflika Aditama

Hidayat, D., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Hufferd-Ackles, K., Fuson, K. C., & Sherin, M. G. (2004). Describing levels and components of a math-talk learning community. Journal for research in mathematics education, 35(2), 81-116. https://doi.org/10.2307/30034933

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 789-798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p789-798

Risnawati & Amir. Z. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tangggal 8 Juli 2004 : tidak diterbitkan.

Supanti, S., & Hartutik, I. (2018). Peningkatan hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi sistem koloid dengan metode inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2031–3038. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13861

West, C., & Zimmerman, D. H. (1991). Doing gender. In J. Lorber & S. A. Farrell (Eds.), The social construction of gender (pp. 13–37). Sage Publications, Inc. (Reprinted from "Gender & Society," 1987, Vol. 1, 125-151)

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Sulistiowati, D. L. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Math Talk Learning Community Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(2), 192–201. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.644

Terbitan

Bagian

Articles