Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Konsep Matematis
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.649Kata Kunci:
Flipped Classroom, Hasil Belajar, Kemampuan Konsep MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan konsep matematis siswa kelas 2 SD di Taman Pendidikan Islam Medan. Dalam model pembelajaran ini, siswa memperoleh pemahaman awal materi di rumah sebelum sesi kelas, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematis sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian Pertama, sebelum model pembelajaran Flipped Classroom pada kelas kontrol diperoleh dengan nilai rata-rata 7,26 dengan nilai terendah 5, dan nilai tertinggi 9, modusnya 8, dan mediannya 8. Kemudian menggunakan model kelompok eksperimen diperoleh dengan nilai rata-rata 8,11 dengan nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 12, modusnya 8, mediannya 8, dan simpangan baku 1,761. Kedua, Penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun diperoleh dengan nilai rata-rata 17,53 dengan nilai terendah 15 dan nilai tertinggi 20, modusnya 18 dan mediannya 18. Jadi, perkembangan kemampuan konsep matematis siswa kelas 2 SD di Taman Pendidikan Islam Medan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom sudah meningkat secara optimal, Kedua terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan konsep matematis siswa kelas 2 SD di Taman Pendidikan Islam Medan sebesar 0,05 didapat ttabel pada a diperoleh nilai thitung = 24.8969 dengan taraf dt 17 diperoleh nilai ttabel = 2,10982. Karena thitung>ttabel maka H0 : ditolak, Ha : diterima
Referensi
Al-Mutawah, M. A., Thomas, R., Eid, A., Mahmoud, E. Y., & Fateel, M. J. (2019). Conceptual understanding, procedural knowledge and problem-solving skills in mathematics: High school graduates work analysis and standpoints. International Journal of Education and Practice, 7(3), 258–273.
Alifia, Nugrahaning N. (2017). “Analisis Deskriptif Soal Ujian Nasional Matematika SMA Program IPA Tahun Ajaran 2015/2016 Ditinjau dari Apsek Kognitif TIMSS”. Naskah publikasi Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Azizah, I. M. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Tengah Semester Genap. Universitas Pancasakti Tegal.
Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33, 1–10.
Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. 120th ASEE Annual Conference & Exposition.
Fatmiyanti, N.,Juandi, D. (2023). Efektifitas FlippedClassroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berfikir Kritis Matematis: Systemtic Literature Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1161-1176
Jensen, J. L., Kummer, T. A., & Godoy, P. D. D. M. (2015). Improvements from a flipped classroom may simply be the fruits of active learning. CBE Life Sciences Education, 14.
Mariano-Dolesh, M. L., Collantes, L. M., Ibañez, E. D., & Pentang, J. T. (2022). Mindset and levels of conceptual understanding in the problem-solving of preservice mathematics teachers in an online learning environment. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(6), 18–33.
Maulipaksi, Desliana. (2017). “Siswa Bisa Pilih Mata Pelajaran Jurusan di UN, Ini Alasannya”. Retrieved https://www.kemdikbud.go.id/2017/01/siswa-bisa-pilih-mata-pelajaran-jurusan-di-un-ini-alasannya
Saputri, W. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Flipped Classroom Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Prosandika, 4(1), 638–644.
Su, H. F., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190–200.
Zahner, W., Velazquez, G., Moschkovich, J., Vahey, P., & Lara-Meloy, T. (2012). Mathematics teaching practices with technology that support conceptual understanding for Latino/a students. Journal of Mathematical Behavior, 31(4), 431–446.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fatmah Syarah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.