Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik

Penulis

  • Kintan Ayu Septiany Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia
  • Hari Sumardi Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia
  • Nurul Astuty Yensi B Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.70

Kata Kunci:

Aljabar, Analisis buku teks, Pendekatan Saintifik, Penelitian Deskriptif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian Bab Himpunan dan Bab Bentuk Aljabar berdasarkan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini  adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi kesesuaian materi berdasarkan pendekatan saintifik. Sumber data penelitian ini adalah  buku teks matematika SMP kelas VII semester I terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi menggunakan lembar instrumen yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bab himpunan memiliki tingkat kesesuaian sebesar 83,21% kategori sesuai dengan persentase mengamati 100%, menanya 79,44%, mengumpulkan informasi 53,33%, menalar 90% dan t mengkomunikasikan 100% (2)  Bab Bentuk Aljabar memiliki tingkat kesesuaian sebesar 86,66% kategori sangat sesuai dengan peresentase mengamati 100%, menanya 93,33, mengumpulkan informasi 60%, menalar 90% dan mengkomunikasikan 100%.

Referensi

Aqib, Z. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SD, SLB, dan TK. Penerbit YRAMA WIDYA.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. In Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2019). Hasil Ujian Nasional Ekspansi UNBK di Jenjang SMP / MTs.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Muklis, Y. M., & Setyaningsih, N. (2015). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Scientific Dan Penilaian Autentik. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS.

Napitupulu, D. B. (2015). Studi Validitas dan Realibilitas Faktor Sukses Implementasi E-Government Berdasarkan Pendekatan Kappa. Jurnal Sistem Informasi. https://doi.org/10.21609/jsi.v10i2.388

Pramesti, S. L. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika sebagai Sumber Belajar Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31941/delta.v5i1.386

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanta, A., Susanto, E., Maizora, S., & Rusdi. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SMP/MTS Kota Bengkulu dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 131–139.

Susiati, A., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Kajian Pendekatan Saintifik Buku Siswa Geografi SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6621

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-17

Cara Mengutip

Septiany, K. A., Sumardi, H., & Yensi B, N. A. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(1), 44–51. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.70

Terbitan

Bagian

Articles