Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Penulis

  • Lisa Muniroh Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.704

Kata Kunci:

Mathematical reasoning ability, contextual problem, SPLTV

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh kemampuan penalaran yang rendah dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 5 Semarang pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Metode pengumpulan data mencakup tes tertulis kemampuan penalaran matematis dan wawancara tidak terstruktur. Tes tersebut diberikan kepada 27 peserta didik, di antaranya dipilih 3 peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis tinggi (S1), sedang (S2), dan rendah (S3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mampu mengemukakan dugaan, manipulasi matematika, memberikan alasan terhadap solusi, dan membuat kesimpulan. Peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis sedang dapat memenuhi indikator mengemukakan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan memberikan alasan terhadap kebenaran. Sedangkan peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu mengajukan dugaan dan manipulasi matematika.

Referensi

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adiyanti, C. A., & Aini, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

AP, Daniel. C., Napisah, D., Wungo, D. D., Utama, G. D., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari sistem persamaan linear tiga variabel. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27-42. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.311

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal setara pisa konten geometri. Numeracy, 7(2).

Ayu, A. R., Fatkul, A., Suhartono, S., & Herfa, M. D. S. (2022). Efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Journal of Mathematic Education Research (JMER), 1(1), 25-31.

Basir, N. W., Kristiawati, K., & Usman, M. R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 17-16.

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2020). Analisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112.

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur kesalahan newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632-642.

Gempar, Re Agnes. "Analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas x sma pada materi sistem persamaan linear tiga variabel." Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 15, no. 3 (2021): 1-14.

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32-36.

Hardianti, S. R., Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093–1104. https://doi.org/0.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Harianti, V., & Simamora, Y. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematik antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model NHT (Numbered Head Together) dengan Pembelajaran Langsung. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 32-40

Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Pub. L. No. 58

Khoirunnisa, K., & Hasanah, R. U. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1397-1410.

Khusnul, Dwi Rahmawati; Dwi, Astuti. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2022, 2.2: 187-200.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33.

Mubharokh, A. S., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Penyajian Data Menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 345-354.

Mulyati, B., & Farkhah, E. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 42– 51. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.773

Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 587-600 : DOI 10.22460/jpmi.v4i3.587-600

Patra, G. P. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel. Maju, 7(2), 503409.

Pyarsha, D. H., Munandar, D. R., & Karawang, U. S. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMA pada Materi Sistem

Persamaan Linear Tiga Variabel. Sigma, 6(2), 107-113.

Ramadhani, K. L., & Firmansyah, D. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1)

Rohmawati, E., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Kongruen, 1(4), 379-405.

Romadhina, D., Junaedi, I., & Masrukan, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP 5 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 547-551).

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70.

Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa selama pandemi covid-19 ditinjau dari minat belajar siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285-295.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Tefa, M. A. C., Mamoh, O., & Salsinha, C. N. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Lingkaran Di SMPN 1 Kefamenanu. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 322-337. DOI: https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.322-337

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori nolting. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67-80. http://dx.doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602-2614. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30-38.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-08

Cara Mengutip

Muniroh, L., & Buchori, A. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 7(1), 49–58. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.704

Terbitan

Bagian

Articles