Pengaruh Kesiapan Belajar Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)

Penulis

  • Farah Aulia Ahsani Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Esti Utami Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Semarang-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.711

Kata Kunci:

Readiness of learning, Mathematics learning outcomes, SPLTV

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika serta seberapa besar kontribusi kesiapan belajar terhadap perolehan hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini menerapkan metodologi kuantitatif untuk meneliti variabel dan hubungan antar variabel. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Semarang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan sampel 26 peserta didik dari kelas X-3, yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Peneliti menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana yang terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Peneliti menggunakan software SPSS 25 untuk melakukan analisis statistik data penelitian, yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian ini menemukan bahwa peserta didik dengan kesiapan belajar yang tinggi memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kesiapan belajar yang rendah atau dapat dikatakan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menemukan bahwa 45,3% hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh kesiapan belajar peserta didik.

Referensi

Ahsan, J., Taufiq Umar, A., Baskoro, D. A., Kunci, K., Belajar, K., & Belajar, H. (2023). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Di Kelas VII Smp Negeri 4 Sinjai Kabupaten Sinjai. Jurnal Sains Ekonomi, 4(1), 12-20.

Holong, O., Siagian, S., Ritonga, T., Lubis, R., Mipa, F., Pendidikan, I., & Selatan, T. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 4, Issue2). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Joosten, T., & Cusatis, R. (2020). Online Learning Readiness. American Journal of Distance Education, 34(3), 180–193. https://doi.org/10.1080/08923647.2020.1726167

Juliana, M. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Brain Based Teaching pada SMK N.1 Angkola Sangkunur. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(1), 88–94. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.383

Mustiko, A., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(1), 42-52. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52

Novrialdy, E., Said, A., & Atya Rizal, R. (2019). Kesiapan Belajar Siswa Smp Negeri 21 Kerinci. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3 (1), 65-74. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Prasitiwi, Y. E. N., Arba’iyah, Al Baru, A. A., & Hidayatullah A. S. (2023). Penilaian Dan Pengukuran Hasil Belajar Pada Peserta Didik Berbasis Analisis Psikologi. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 218-231. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.293

Sari, E., Pd1, M., Rahma, K., Pohan, D., Pd, S., Pendidikan, I., & Selatan, T. (2023). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan

Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Tarombo, 4 (1), 14-19.

Sugeng, S., Fanti, Y. D. A., & Azainil, A. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 71-80. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.237

Trigunawan, I. ., & Solfema, S. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 343–346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/954

Dwi Yuliyani, Utami, R. E., & Prayito, M. (2021). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 340–345. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1971

Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., Lailiyah, S., Sunan Ampel Surabaya, U., Ahmad Yani No, J., Wonosari, J., Wonocolo, K., & Timur, J. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Kemampuan Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12

Cara Mengutip

Ahsani, F. A., & Utami, R. E. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 7(1), 68–75. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.711

Terbitan

Bagian

Articles