Analisis Kemampuan Penalaran Statistis Siswa pada Materi Penyajian Data Berkelompok Ditinjau dari Self Confidence Siswa

Penulis

  • Lina Lina Universitas Maritim Raja Ali Haji,Tanjungpinang-Indonesia
  • Desi Rahmatina Universitas Maritim Raja Ali Haji,Tanjungpinang-Indonesia
  • Mariyanti Elvi Universitas Maritim Raja Ali Haji,Tanjungpinang-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v7i2.820

Kata Kunci:

analysis, statistical reasoning, self confidence

Abstrak

This research aims to analyze students' statistical reasoning processes in group data presentation material in terms of students' self-confidence. This research is a type of research, namely descriptive qualitative. Because this research will describe students' statistical reasoning processes in group data presentation material in terms of students' self-confidence. The subjects of this research were 29 students of class XII MIPA 4 SMA Negeri 4 Tanjungpinang who were then narrowed down to 2 students representing each self-confidence categori, namely high self-confidence, medium self-confidence, and low self-confidence. The results of this research were that there were 5 students who had high self-confidence, 20 students who had moderate self-confidence, and 4 students who had low self-confidence. Students who have high self-confidence and moderate self-confidence meet all indicators of statistical reasoning, while students who have low self-confidence do not meet all indicators of statistical reasoning.

Referensi

Aeni, E. E. Z., Nurfahriani, I., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 531. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p531-538

Anggraini, A. (2023). Self Confidence Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah.

Anwar, L. K. (2022). Proses Penalaran Statistik Siswa MTs Wahid Hasyim 02 DAU Dalam Memecahkan Masalah Peluang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/35699/1/17190023.pdf

Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Skripsi, 191–194.

Kesumawati, N., & Octaria, D. (2019). Level Kemampuan Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional, 619–624.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Mawadah, L. P. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Berdasarkan Taksonomi Solo [Universitas Siliwangi]. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9649

Muniroh, L., & Buchori, A. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( SPLTV ). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 49–58.

Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2018). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran Pmri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.5460.21-40

Perwira, H. R., Santosa, F. H., & Ibrahim, M. (2019). Mengidentifikasi dan Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistis. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 29–41. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu

Rahmatina, D. (2021). Penalaran statistis dalam perspektif komognitif mahasiswa tentang variabilitas [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/263342

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Rohana, R., & Ningsih, Y. L. (2020). Students’ Statistical Reasoning in Statistics Method Course. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 81–90. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6732.81-90

Rosidah. (2016). Penalaran statistis siswa sma dalam pemecahan masalah statistika ditinjau dari perbedaan gender (studi kasus untuk siswa dengan kemampuan matematika rendah). Prosiding Seminar Nasional, 02(5), 57–65.

Satriani, D., Yuhana, Y., & Khaerunnisa, E. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Setipe PISA Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 149–168. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v13i2.7215

Sidik, A., Ramlah, & Utami, M. R. (2017). Hubungan Antara Self-Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) 2017, 4, 222–226.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian: kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susana, A. (2023). Penalaran Statistis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Ukuran Pemusatan Data Berdasarkan Gaya Kognitif. 4(1), 88–100.

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91

Wahyuni, S., Rahmatina, D., & Resmery, L. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Lina, L., Rahmatina, D., & Elvi, M. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Statistis Siswa pada Materi Penyajian Data Berkelompok Ditinjau dari Self Confidence Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 7(2), 232–239. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i2.820

Terbitan

Bagian

Articles