Pengaruh Teknologi Aritificial Intelligence dalam Upaya Penyelesaian Tugas Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Al Washliyah Medan
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.854Kata Kunci:
pengaruh, Artificial Intelegence, Pendidikan MatematikaAbstrak
Mahasiswa pendidikan matematika sering menghadapi tantangan besar dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik, baik dalam memahami teori matematis maupun dalam menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi nyata. Teknologi AI, melalui alat-alat seperti perangkat lunak pembelajaran yang cerdas, sistem tutor adaptif, dan analisis data berbasis AI, dapat menawarkan dukungan yang sangat berharga. Kemampuan AI untuk memberikan umpan balik yang real-time, personalisasi pembelajaran, serta akses ke sumber daya pendidikan yang luas, dapat mempercepat pemahaman dan meningkatkan kinerja akademik mahasiswa. Dalam jurnal ini, kami bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan AI dalam penyelesaian tugas-tugas akademik oleh mahasiswa pendidikan matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Artificial Intelegence itu berpengaruh dalam upaya penyelesaian tugas mahasiswa pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Washliyah Medan. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil akademik yang didapat mahasiswa dan motivasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan dosen. Namun, tidak semua AI dapat diakses secara gratis, masih banyak AI yang harus berbayar dalam penggunaannya.
Referensi
Smith, J., Johnson, A., & Lee, K. (2021). The Impact of Artificial Intelligence on Educational Outcomes: A Review of Recent Advances. Journal of Educational Technology, 15(2), 45-62.
Brown, T., & Patel, S. (2022). Adaptive Learning Systems and Their Effectiveness in Mathematics Education. International Journal of AI in Education, 18(3), 112-130.
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023, November). Implementasi penggunaan artificial intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa ilmu komunikasi di kelas A. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 362-374).
Putri, V. V., & Khasanah, I. (2022). Perspektif Mahasiswa Pendidikan Matematika Unisma 2023 Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence Chat Gpt Dalam Penyusunan Seminar Proposal. J-PRIMA (Jurnal Pembelajaran, Riset, dan Inovasi Matematika), 1(1), 23-35.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 399-406.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yenni Novita Harahap, Siswadi Siswadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.