Kesulitan-Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal KSM Matematika Yang Berhubungan Dengan Konsep dan Terapan dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v8i1.861Kata Kunci:
Student Difficulties, KSM Mathematics, Applied IslamAbstrak
Jenis penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan tentang kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal KSM matematika yang yang berhubungan dengan konsep dan terapannya dalam agama Islam. Subjek penelitian ini merupakan 14 responden siswa yang berasal dari 7 madrasah di kota Kendari. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini merupakan soal KSM yang digunakan dalam seleksi tingkat kota dan provinsi selama dua tahun terakhir serta pedoman wawancara. Untuk mengumpulkan data, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan tentang 3 jenis kesulitan yang dialami siswa, yaitu (1) Kesulitan pada aspek information skill; (2) Kesulitan pada aspek number skill dan (3) Kesulitan pada aspek arithmethics skill.
Referensi
Adilistiyo, M. E., & Slamet, H. w. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan. In Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 1–114)
Ekayanti, A., Merona, S. P., & Suhendar, U. (2020). Pendampingan Guru Pembina OSN Matematika SMP Negeri 1 Jetis Beserta Sekolah Imbasnya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 301–306. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1004
Erliani, E. (2022). Analisis kesulitan peserta didik dalam matematisasi materi program linear. Journal of mathematics learning innovation (JMLI), 1(2), 111–124. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.3491
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kota Bengkulu. In JPMR (Vol. 04, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Hasrin Lamote, & Nur Hasanah. (2024). Kesulitan Siswa Dalam Menjawab Soal Kompetensi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi Keislaman Dalam Al-Qur’an. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(2), 138–145
Islami, D. P., & Indrawati (2024). Pengaruh Cara Berfikir Logis Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal LogikaPada Siswa Kelas 11. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 25-32. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.714
Lithner, J. (2011). University Mathematics Students’ Learning Difficulties. Education Inquiry, 2(2), 289–303. https://doi.org/10.3402/edui.v2i2.21981
Machromah, I. U., Eriska, M., Purnomo, R., & Ayu, H. (2017). Arithmatics Skill : Kesulitan Utama Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 365–372.
Mardiyanti, L., Magriati, D., Ikrom, M., Agama Islam Al-Azhaar Lubuklinggau, I., Kunci, K., & siswa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas V SD Negeri 55 Lubuklinggau. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–14.
Muntaha, A., Wibowo, T., & Kurniasih, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengonstruksi Model Matematika Pada Soal Cerita. Maju, 7(2).
Nasution, E. Y. P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217
Hasrin Lamote, & Nur Hasanah. (2024). Kesulitan Siswa Dalam Menjawab Soal Kompetensi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi Keislaman Dalam Al-Qur’an. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(2), 138–145.
Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.18191
Sholihah, & Afriansyah. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6(2), 287–298. http://e-mosharafa.org/
Sonya Fiskha Dwi Patri, & Sonya Heswari. (2022). Pembinaan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1881–1890. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.989
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo, A., Suyadi, S., & Wantini, D. W. (2021). Problematika pembelajaran ilmu faraidh di tingkat slta serta alternatif solusinya faraidh’s learning problems at senior high school level and the alternative of solutions. Cahaya Pendidikan, 7(1), 25–36.
Suyitno,A., Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I - Semarang: FMIPA Unnes, 2004
Sylviana Zanthy, L. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1).
Tambychik, T., Meerah, T. S. M., & Aziz, Z. (2010). Mathematics skills difficulties: A mixture of intricacies. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 7, 171–180. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.025
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Hasrin Lamote, Munawir Munawir, Hasbiah Demmatadju

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.