Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa

Penulis

  • Lilis Arini Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, STKIP Asy-Syafi’iyah Internasional Medan, Indonesia
  • Nur Rahmi Rizqi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Riska Indah Sari Lubis 3Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al Washliyah, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.90

Kata Kunci:

CTL, Kemampuan Representasi, Model Pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran (1) Kemampuan representasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran Konvensional, serta (2) Proses jawaban siswa terkait kemampuan representasi matematik yang diajarkan melalui model pembelajaran CTL dan Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas IX MTs PPMDH Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling, diperoleh kelas IXA sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran CTL dan kelas IXB sebagai kelompok kontrol  yang di ajar dengan model pembelajaran Konvensional (biasa). Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes menggunakan instrumen yang sama yang di uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, data dianalisis dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh  thitung= 5,792 dan dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan 0,000  < 0,05 maka  ditolak, artinya kemampuan representasi matematik siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yamg mengikuti model pembelajaran Konvensional. Hasil tersebut menunjukkan pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematik. Berdasarkan kategori penilaian proses jawaban, kelompok eksperimen berada pada kategori “Sangat baik” sementara kelompok kontrol berada pada kategori “Baik”.

Referensi

Anarulita, A. A., Multono, M., & Sunarmi. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Designed Student-Centered Instructional terhadap Kemampuan Represen-tasi Peserta Didik. Unnes Journal of Mathematics Education 2 (3): 60 – 65.

Andriansyah, F. (2014). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

As’aril, (2017). Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Jakarta: Ar.Ruzz Media.

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengem-bangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurna; Review Pembelajaran Matematika 3 (1): 40 – 48.

Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISSN : 24775673 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Subang Volume I Nomor 1, Desember.

Hudiono, Bambang. (2013). Pembudayaan Pendekatan Open-Ended Problem Solving Dalam Pengembangan Daya Representasi Matematik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Pendidikan Dasar Vol 9 No 1.

Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Mate-matis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5 (2): 138 – 147.

Ruseffendi, E. T. (2018). Dasar-Dasar Matematika Modern dan Kom-puter Untuk Guru. Bandung: Tarsito.

Setianto. E. I., dan Risnanosanti. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pembelajaran RME dan CTL pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Sciences Education p-ISSN: 2721-172X e-ISSN: 2721-1746 Vol. 1 No. 3 Th 2020; hal 175 – 181

Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. ISSN: 1412-565X.

Zanu, S. S. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa). Universitas Negeri Gorontalo.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-14

Cara Mengutip

Arini, L. ., Rizqi, N. R., & Lubis, R. I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(1), 32–38. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.90

Terbitan

Bagian

Articles