Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)

Penulis

  • Mernawati Mernawati Prodi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Babussalam, Aceh Tenggara
  • Yenni Novita Harahap Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Rika Susanti Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.92

Kata Kunci:

pengaruh, kemampuan komuikasi matematika, Think Pair Share

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian dilakukan di pada siswa kelas VIII Sekolah SMP Setia Budi Abasi Perbaungan dengan sampel dua kelas yaitu VIII-A dan VIII-B. Yang menjadi variabel terikat adalah kemampuan komunikasi dan yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas sebagai uji prasyarat serta uji N-Gain untuk melihat pengaruh dan peningkatannya. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukan data yang diperoleh berbentuk normalitas dan homogen dan tingkat kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi 0.09% dibandingkan kelas yang menggunakan model Pembelajaran Konvensional. Dengan demikian model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan katagori sangat tinggi yaitu 0,98 %.

Referensi

Anggraeni, Y. R. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Math-Umb. Edu, 7(2).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Penelitian). Jakarta : PT Rineka Cipta

Daulay, I. Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (Tps) Di Mas Amaliyah Sunggal Ta 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Dharma, I. D. P. P. W., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019, February). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 239-246).

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Handbook of research mathematics teaching and learning. Editor : Douglas A. Grows USA : Macmilan Library Reference.

Ningrum, R. K. (2017, February). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan problem based learning berbasis flexible mathematical thinking. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika,(pp. 213-222).

Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137-149.

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521-532.

Siregar, R. M. R. (2020). Pengaruh model pembelajaran think pair share (tps) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas x sma melati Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 52-59.

Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-22

Cara Mengutip

Mernawati, M., Harahap, Y. N. ., & Susanti, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(1), 74–79. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.92

Terbitan

Bagian

Articles