Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.95Kata Kunci:
ICM, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan ICM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas VIII SMP Swasta BNKP Luzamanu yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan soal cerita dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa untuk menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Swasta BNKP Luzamanu. Hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dari kondisi awal (pra siklus) yaitu dengan rata-rata 6,6 menjadi 7,47 pada siklus I dan pada kondisi akhir siklus II rata-ratanya menjadi 8,88. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari kondisi awal 21,88%, meningkat menjadi 45,75% pada evaluasi siklus I dan menjadi 78,13% pada evaluasi siklus II.
Referensi
Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355–360.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Khasanah, N., & Netriwati, N. (2018). Model Picture and Picture dengan Index Card Match terhadap Penguasaan Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 107–112.
Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1–5), 1–10.
Novita, R. (2012). Exploring Primary Student’s Problem-Solving Ability by Doing Tasks Like PISA’s Question. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 3(2), 133–150.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Siswadi, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Matematika dengan Strategi Kooperatif Tipe STAD. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 227–238. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2118
Siswandi, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalahsiswa SMP Laksamana Martadinata Medan Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 32–39.
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64–68.
Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.