THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON THE ABILITY TO WRITE PROCEDURE TEXT IN STUDENTS OF CLASS XI SMA AL–MAKSUM CINTA RAKYAT STUDY YEAR 2021-2022

Penulis

  • Ariska Putri Al Washliyah University Medan, Indonesia
  • Susi Deliani Al Washliyah University Medan, Indonesia
  • Andi Syahputra Al Washliyah University Medan, Indonesia

Kata Kunci:

Model Problem Based Learning, Kemampuan Menulis, Teks Prosedur

Abstrak

memberikan gambaran mengenai penelitian yang dilaksanakan, ditulis lengkap dan jelas. Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMA Al- Maksum Cinta Rakyat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Al- Maksum Cinta Rakyat berjumlah 131 siswa terdiri dari 67 orang siswa laki-laki dan 64 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik sampling random yaitu teknik mengambil sampel secara acak dengan kesempatan yang sama pada seluruh anggota populasi maka sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI di SMA Al- Maksum Cinta Rakyat. Nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode ceramah yaitu 81,2 dibanding 67,26. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung >ttabel atau 33,54 > 1,692 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan model pembelajaran PBL adanya pengaruh dalam pembelajaran yang diterapkan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-26

Terbitan

Bagian

Artikel