ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DISLEKSIA

Penulis

  • Nurhayani Nurhayani Universitas Negeri Medan
  • Ulina Rahmayani Universitas Negeri Medan
  • Mara Untung Ritonga Universitas Negeri Medan
  • Abdurahman Adisaputera Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v11i2.1056

Kata Kunci:

Flashcard Learning Media, Reading Ability, Dyslexia Student

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di SD IT Al Minah, Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Pendekatan penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang bersifat deskriptif serta cenderung pada penggunaan sebuah analisis yang lebih mendalam.Penulis memperoleh informasi bahwa siswa kelas I SD IT Al Minah berjumlah 23 siswa. Terdapat 5 siswa yang sudah mempunyai kemampuan membaca awal yang baik serta 20 siswa yang masih mengalami kesulitan atau ketidakmampuan dalam memulai membaca.Media pembelajaran flashcard adalah alat yang digunakan oleh guru sebagai bahan komunikasi guru selama proses pembelajaran di kelas untuk menyampaikan pesan kepada siswa. Disleksia adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memproses informasi bahasa tertulis. Kondisi ini tidak terkait dengan inteligensi atau kemampuan akademik seseorang, tetapi lebih terkait dengan cara otak memproses informasi bahasa tertulis. Evaluasi dan refleksi untuk mengatasi siswa disleksia sangat penting untuk memastikan strategi yang diterapkan efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka

Referensi

Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 995. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3564

Astuti, H. P., Syafitri, K. D., & Ruby, A. C. (2024). Analisis Penggunaan Media Papan Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4, 13–21. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/download/5631/2709

Azzahrah, A. A., & Rustini, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui Media Pembelajaran Interaktif Digital melalui Aplikasi Gemar (Game Membaca Lancar) pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Cinunuk 01. Journal on Education, 6(1), 1806–1811. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3159

Dewi, K. A. T. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Teori Behavioristik: Meninjau Penyebab Keterlambatan Belajar Membaca Menulis pada Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 174–181. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.788

Fiantika, feni rita, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Frimals, A., Wulandari, B. A., Dasar, M. P., Jambi, U., Flashcard, M., Silaba, M., Beginning, I., Using, R., Media, F., The, W., & Method, S. (2024). Peningkatan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flashcard dengan Metode Silaba Terhadap Siswa Disleksia Kelas II SLBN 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik, 9(1), 1–8. https://mail.online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/download/24205/18647

Ike Komariah, Dadang Kurnia, & Nurlinda Safitri. (2023). Penggunaan Media Flashcard Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Diseleksia. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5834–5840. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1271

Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454

Ma’rufah Khairunisa Nuril, Rivan Muhammad, & Alamsyah Gilang Aldi. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Upaya meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media flash card. Jurnal Konferensi Ilmiah, 3, 523–530. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571

Mustika, Nabila Chika (s), Rakhman, Aghtiar Patra (s), rokhmanah siti. (2023). Penggunaan Media Papan Susun Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Di Sd Negeri Banjarsari 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 3397–3404. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/21594/15962

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rahmayanti, R., Nurputri, S., Utami, T., Kamelo, N., Ma, M., Hasyim, A. F., & Sulaeman, Y. (2024). PENDAMPINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA MELALUI MEDIA FLASHCARD. STKIP Syekh Manshur, 01(September), 9–13. https://ojs.pgsdsm.id/index.php/sm/article/download/3/3

Tabuk, S., & Banjar, K. (2023). Metode System Literature Review Analisis Penggunaan Flashcard Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak SD. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 349–365. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/download/9646/7583

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-03

Cara Mengutip

Nurhayani, N., Rahmayani, U., Ritonga, M. U., & Adisaputera, A. (2025). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DISLEKSIA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 163–167. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v11i2.1056