ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DISLEKSIA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v11i2.1056Kata Kunci:
Flashcard Learning Media, Reading Ability, Dyslexia StudentAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di SD IT Al Minah, Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Pendekatan penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang bersifat deskriptif serta cenderung pada penggunaan sebuah analisis yang lebih mendalam.Penulis memperoleh informasi bahwa siswa kelas I SD IT Al Minah berjumlah 23 siswa. Terdapat 5 siswa yang sudah mempunyai kemampuan membaca awal yang baik serta 20 siswa yang masih mengalami kesulitan atau ketidakmampuan dalam memulai membaca.Media pembelajaran flashcard adalah alat yang digunakan oleh guru sebagai bahan komunikasi guru selama proses pembelajaran di kelas untuk menyampaikan pesan kepada siswa. Disleksia adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memproses informasi bahasa tertulis. Kondisi ini tidak terkait dengan inteligensi atau kemampuan akademik seseorang, tetapi lebih terkait dengan cara otak memproses informasi bahasa tertulis. Evaluasi dan refleksi untuk mengatasi siswa disleksia sangat penting untuk memastikan strategi yang diterapkan efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka
Referensi
Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 995. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3564
Astuti, H. P., Syafitri, K. D., & Ruby, A. C. (2024). Analisis Penggunaan Media Papan Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4, 13–21. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/download/5631/2709
Azzahrah, A. A., & Rustini, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui Media Pembelajaran Interaktif Digital melalui Aplikasi Gemar (Game Membaca Lancar) pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Cinunuk 01. Journal on Education, 6(1), 1806–1811. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3159
Dewi, K. A. T. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Teori Behavioristik: Meninjau Penyebab Keterlambatan Belajar Membaca Menulis pada Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 174–181. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.788
Fiantika, feni rita, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Frimals, A., Wulandari, B. A., Dasar, M. P., Jambi, U., Flashcard, M., Silaba, M., Beginning, I., Using, R., Media, F., The, W., & Method, S. (2024). Peningkatan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flashcard dengan Metode Silaba Terhadap Siswa Disleksia Kelas II SLBN 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik, 9(1), 1–8. https://mail.online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/download/24205/18647
Ike Komariah, Dadang Kurnia, & Nurlinda Safitri. (2023). Penggunaan Media Flashcard Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Diseleksia. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5834–5840. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1271
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Ma’rufah Khairunisa Nuril, Rivan Muhammad, & Alamsyah Gilang Aldi. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Upaya meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media flash card. Jurnal Konferensi Ilmiah, 3, 523–530. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571
Mustika, Nabila Chika (s), Rakhman, Aghtiar Patra (s), rokhmanah siti. (2023). Penggunaan Media Papan Susun Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Di Sd Negeri Banjarsari 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 3397–3404. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/21594/15962
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahmayanti, R., Nurputri, S., Utami, T., Kamelo, N., Ma, M., Hasyim, A. F., & Sulaeman, Y. (2024). PENDAMPINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA MELALUI MEDIA FLASHCARD. STKIP Syekh Manshur, 01(September), 9–13. https://ojs.pgsdsm.id/index.php/sm/article/download/3/3
Tabuk, S., & Banjar, K. (2023). Metode System Literature Review Analisis Penggunaan Flashcard Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak SD. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 349–365. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/download/9646/7583
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurhayani Nurhayani, Ulina Rahmayani, Mara Untung Ritonga, Abdurahman Adisaputera

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.