MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Inkuiri, Membaca CepatAbstrak
Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatan kemampuan membaca cepat siswa yang selama ini belum mengaktifkan. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan model pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Gall, Gall dan Borg. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar swasta kota Medan. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yaitu buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, dan buku siswa. Produk yang dikembangkan dilakukan ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok lapangan. Selanjutnya dilakukan pengujian keefektifan dan kepraktisan model pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa sekolah dasar yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat yaitu buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, dan buku siswa. Keseluruhan perangkat model pembelajaran inkuiri berbasis (2) model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa, hal ini terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga thitung (9,98) lebih tinggi daripada ttabel (2,00), dan (3) model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dengan skor 3,39 kategori praktis tanpa perbaikan.
Referensi
Fitria, Dini Aida. 2010. Pembaca Hebat Super Cepat. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.
Joyce, Bruce. dan Weil, Marsha. 2003. Models of Teaching. New Delhi: Prentice Hall-Inc.
Gall, Meredith D., Gall, J.P., dan Borg, W.R. 2007. Educational Research, Eight Edition Boston: Pearson Education, Inc.
Manoli, Polyxeni dan Papadopoulou, Maria. 2012. Reading Strategies Versus Reading Skills: Two Faces of the Same Coin. Jurnal: Procedia - Social and Behavioral Sciences 46
Nurhadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran, Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Dian Rakyat.
Soedarso. 2010. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedi/a Pustaka Utama.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktibistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Vongkrahchang, Salila dan Chinwonno, Apasara. 2016. Effects of Personal Intelligence Reading Instruction on Personal Intelligence Profiles of Thai University Students. Jurnal: Kasetsart journal of social sciences xxx.
Wainwright, Gordon. 2007. Speed Reading Better Recalling. Alihbahasa: Heru Sutrisno, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.