PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN MEMUAT NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Ismay Linda Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Sukmawarti Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.229

Abstrak

Instrumen adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai sesuatu dalam pengumpulan data guna memperoleh  informasi yang diinginkan. Instrumen penilaian harus memenuhi aspek penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dalam penelitian ini instrumen diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter guna membantu penanaman karakter pada peserta didik agar menjadi manusia berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk instrumen penilaian keterampilan memuat nilai-nilai karakter pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D (four-D). Namun pada penelitian ini hanya pada tiga tahapan yaitu tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop). Selain dari tahapan tersebut dilakukan juga penilaian produk oleh ahli dengan lembar validasi dan telah terbukti bahwa produk mendapat penilaian baik dan layak untuk digunakan.L

 

 

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)

Ahnaf Fi Faruq, Iqbal. 2019. Instrumen Penilaian Berbagai Kompetensi Atau Indikator Dalam Pencapian Hasil Belajar Sd/Mi. Universitas Muhammdiyah Sidoarjo

Ariz Perdana, Surya dan Slameto. 2016. Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4, No.2, hlm. 73-78. Universitas Kristen Satya Wacana

Daut Siagian, Muhammad. 2017. Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, Vol.VII, No.2.Universitas Islam Sumatera Utara

Erik Rudyanto, Hendra dan Ayu Retnoningtyas, Wenida. 2018. Integrasi nilai – nilai karakter melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Universitas PGRI Madiun

Haryati, Sri. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Kuirkulum 2013. Universuitas Trunojoyo Madura

Lumban Gaol,Paltiman, Khumaedi, Muhammad dan Masrukan. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Halmahera

Maryati, Iyam dan Priatna, Nanang. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal “Mosharafa”, Vol 6, No 3. Universitas Pendidikan Indonesia

Nadhiroh, Afidatun dan Sigit, Darsono. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Malang

Permendikbud.2014.Pedoman Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar & Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud No.104

Sukmawarti dan Hidayat. 2021. Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol 536. Atlantis Press SARL. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-20

Cara Mengutip

Linda, I., & Sukmawarti, S. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN MEMUAT NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.229

Terbitan

Bagian

Artikel