PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN KELAS II SD

Penulis

  • Masdar Masdar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239

Kata Kunci:

LKPD, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D ( Research And Development) dengan modifikasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Dessemination) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh 17 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dari 19 pernyataan dan 2 kategori penilaian ‘‘Tidak’’ validasi oleh ahli media memberikan 14 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dan 1 kategori penilaian ‘‘Tidak’’. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan layak digunakan.

 

Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Berbasis Problem Based Learning.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D ( Research And Development) dengan modifikasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Dessemination) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh 17 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dari 19 pernyataan dan 2 kategori penilaian ‘‘Tidak’’ validasi oleh ahli media memberikan 14 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dan 1 kategori penilaian ‘‘Tidak’’. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan layak digunakan.

Referensi

Asnaini, (2016). Pengembanga LKPD Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Lantanida Journal, Vol 4(1).

Apertha, F, K, P, Zulkardi, Yusup, M, (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segi Empat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 12 (2)

Astuti, (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5(2).

Anugraheni, N, Rahmadani, N, (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Vol

Chityadewi, K, (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan CTI ( Contextual Teaching and learning). Vol 3(3).

Depdiknas. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fajri, N, Nasriadi, A, Darlia, Y, (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Materi Pecahan Kelas VII SMP. Jurnal Numeracy. Vol 5(1).

Istiqlal, A, (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. Vol 3(1).

Lase, N, K, Lase, R, K, (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP. Jurnal JRPP. Vol 3(2)

Rohayati, S, Vitasari D, (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di SMK Negeri Majoagung.Jurnal PSendidikan Akutansi. Vol 6(2)

Rahmi, D, Irma, A, Nurzazili, (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Based Problem Learning untuk Mempasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 10 Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Mateatika, Vol 2(1).

Rahadi, M, Sari, P, S, L, (2014) Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Vol 3(2).

Rahayuningsih, D, I, Mustaji, Subroto, W, S, (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol 4(2)

Rezeki, S, (2018). Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Lerning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Jurnal pendidikan tambuse. Vol 2(4).

Suryanto, Rahmawati, U, (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 1(1).

Suciati, I, (2020). Penggunaan Metode Perang Mental Matematika dengan Menggunakan Media Kartu Pecahan pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3(1).

Sardiman, A, M, Ilmu pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1992

Sumartini, T, S, (2015). Peningkatan kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5(1).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan ( Research and Develoment/ R&D). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sirait, D, E, (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol 5(1).

Setiati, S, Saiful, R, Dwi, S, (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelegences Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Unnes.J.Biol.Educ, Vol 2 (3).

Sinuraya, J, B, Emy, M, S, M, (2019). Uji Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Mementum dan Infuls. Jurnal Ikatan Alumi Fisika Universitas Medan. Vol 5 (3).

Suciati, Indah, (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitungpecahan Siswa Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika “EQUALS”, 1 (1), hal. 17-29

Surya S,Y, (2017). Penerapan Model Pemebelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 langgini kabupaten kampar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1(1)

Suwarto, (2018). Konsep Operasi Bilangan Pecahan Melalui Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7(3).

Wulandari, E, Mailani, E, Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di SDN 101771 Tembung. Jurnal ESJ.Vol 9(2).

Yeni, E, M, (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, Vol 2(2).

Zulfah, Wati, J, (2020). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD BerbasisPBL Materi Peluang Kejadian Majemuk. Jurnal Inovasi Matematika. Vol 2(2)

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-26

Cara Mengutip

Masdar, M., & Lestari, N. . (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN KELAS II SD. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239

Terbitan

Bagian

Artikel