PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.279Kata Kunci:
Karasteristik kelas IV, Pengembangan Media Scrapbook, Pembelajaran IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media scrapbook dan tingkat kelayakannya. Pengembangan media ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau penelitian R&D (Research & Development). Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan model 4D. Subjek dari uji coba guru kelas IV yang berada di sekolah 064991 MEDAN AMPLAS dengan materi struktur dan fungsi tumbuhan. Objek dalam penelitian ini adalah media scrapbook materi struktur dan fungsi tumbuhan. Adapun waktu penelitian akan direncanakan pada bulan september 2021. Prosedur pengembangan yang harus di lakukan untuk menghasilkan bahan ajar media scrapbook berbentuk Pop Up Book terdiri dari analisis masalah, mendesain media gambar scrapbook, validasi produk dan revisi. Instrument pokok yang di pakai untuk mengumpulkan data dalam pengembangan ini adalah instrument ahli materi dan instrument ahli media yang berasal dari dosen Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan dan tanggapan dari guru kelas IV. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang di peroleh dari hasil dari pertanyaan lembar observasi tim ahli validasi media, materi dan tanggapan guru. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat tahap dengan satu kali revisi, media scrapbook pada pembelajaran IPA yang dikembangkan mengalami dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD. Hal ini dapat dibuktikan dengan penilaian yang diperoleh dari produk awal dengan produk revisi mengalami kenaikkan penilaian.
Referensi
Hardiana, I. (2015). Terampil membuat 42 Kreasi mahar Scrapbook. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Pratomo, Adi dan Agus Irawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. Jurnal Positif. Banjarmasin.
Standar Isi. (2016). Prosedur penyelenggaraan penilaian buku teks pelajaran dan buku panduan guru pola “Inisiatif Masyarakat”. Jakarta: BSNP.
Sumarsono, W.& Sugiyono, S. (2019) Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android untuk Pratikum Aplikasi Transistor. Unnes Phisics Education Journal.ISSN 2252-6935.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1). 2614-4417.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidian. Palopo: Kampus IAIN Palopo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.