PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN 1 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Cut Risnawati MIN 1 Aceh Barat, Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.299

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tematik

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran  tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Tematik.dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MIN 1 Aceh Barat . Adapun hasilnya, dapat dilihat hasil belajar pada pra siklus siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 15 siswa dari 35 siswa dengan persentase ketuntasan sebanyak 42,85%, kemudian siklus I siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 25 siswa dari 35 siswa dikelas II dengan persentase ketuntasan sebanyak 71,42% dan siklus II siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 35 siswa dikelas II  dengan persentase ketuntasan hasil belajar sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 100%.

Referensi

Afifudin, dan Beni Ahmad Saebeni. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Agama. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005

Depdiknas. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2003

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka CiptDjazuli, A. 2010. Ilmu Fiqih: Penggalian, Perkembangan, dan

Penerapan Hukum Islam. Jakarta: Prenada Media

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

HM Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. Ke-2, 2004

Ismail, dkk. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka, 2000

Khanifah. 2009. Penerapan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika Siswa di madrasah ibtidaiyah. Skripsi

Kunandar. Guru Profesional, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007

Nazir, Moh. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV.

Sadullah, Uyoh. 2014. Pedagogik (ilmu mendidik).Bandung: Alfabeta,cv

Sriyanti,Lilik dkk. 2009. Teori-teori Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utam

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-09

Cara Mengutip

Risnawati, C. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN 1 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.299

Terbitan

Bagian

Artikel