MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.300Kata Kunci:
PTK, Hasil Belajar Akidah AkhlakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas II MIN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 MIN 1 Aceh Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Data yang dikumpulkan berupa data hasil nilai pra siklus dan siklus yang dilakukan oleh siswa pada setiap siklusnya, data penilaian hasil aktivitas dan partisipasi siswa pada waktu pengamatan di halaman sekolah dan pada waktu diskusi kelompok di kelas. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan memaparkan frekuensinya dan persentasenya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2020-2021. Adapun hasilnya, penelitian siklus I menunjukkan hasil test siklus I dan II menunjukkan presentase peningkatan mencapai dengan rata-rata 74,77 menuju 83,07.
Referensi
Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, jakarta, 2005.
Ali Abdul Halim Mahmud, Akhlak mulia, Gema Insani, Jakarta,2004.
Arief S. Sadiman, et.al, Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002)
Azwar Saiful, Metode penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2010.
Basyirudin Usman, Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Delia Citra Utama, 2002.
Bisri, Akhlak, direktorat jendaral pendidikan islam, Jakarta,2009
Cahyani Isah, Bahasa Indonesia, direktorat jendral pendidikan islam,Jakarta,2009.
Cholid Narbuko,Abu Achmad,Metodologi Penelitian,cet.9, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2008
Esti Ismawati&Faraz Umaya, Belajar di Kelas Awal, Ombok, Yogyakarta,2012
Eka Warna, penelitian tindakan kelas, Jakarta, GP Press group,2013
Hamzah, Profesi Kependidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2007.
Hufad Achmad, Penelitian tindakan kelas, jakarta, Juni 2009.
Ivor K davies, Pengelolaan Belajar, Jakarta, Rajawali perss,1991
Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Cet.4, PT Asdi Mahasatya, Jakarta, 2004
Mahrus, Aqidah, direktorat jendaral pendidikan islam, Jakarta, 2009
Muhaimin.Strategi Belajar (penerapan dalam pembelajaran pendidikan islam), CV.Citra Media, Surabaya, 1996
Pupuh Faturrohman dan M Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Refika Aditama 2010,
Riksa Yusi, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta Pusat, jl. Lapangan Banteng Barat no 34, 2009.
Sanjaya Wina. Media Komunikasi Pembelajaran, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta, 2012.
Save M dagun, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Jakarta, 2006.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta 1995,
Sudijono Anas, Evaluasi pendidikan, PT Raja Grafindo persada, Jakarta,1995.
Sudjana nana, Penilaian Proses Belajar Mengajar, PT. Remana Rosdikarya, Bandung, 2005.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.