MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII-A MTS NEGERI 1 ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.301Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Teks, Keaktifan, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian yang dilakukan ini tergolong penelitian tindakan kelas. Yang diteliti pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Teks, peningkatan keaktifan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan observasi untuk mengetahui proses pembelajaran berbasis teks, observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Teks adalah sebagai berikut: Tahap 1: BKOF (Bulding Knowledge of Field) yaitu membangun pengetahuan atau latar belakang pengetahuan peserta didik tentang teks yang akan dibahas, Tahap 2: MOT (Modelling of Text) yaitu pemberian model teks, Tahap 3: JCOT (Join Construction of Text) yaitu implementasi pengetahuan dan pemahaman siswa untuk memproduksi teks secara berkelompok, Tahap 4: ICOT (Independent Construction of Text) yaitu implementasi pengetahuan dan pemahaman siswa untuk memproduksi teks secara mandiri. Pelaksanaannya dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami perbaikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 terus mengalami peningkatan. Pada kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 persentase siswa yang keaktifannya dengan kategori rendah terus mengalami penurunan, yakni 53% - 18% - 0%. Sedang yang kategorinya sedang dari 29% - 61% - 11%. Sedang yang kategorinya tinggi dari 18% - 21% - 89%. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Persentase siswa yang belum tuntas terus mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 (dari 26,47% menjadi 8,82%). Persentase siswa yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2 (dari 73,53% menjadi 91,18%). Indikator keberhasilan PTK ini adalah, bahwa PTK ini dikatakan berhasil jika persentase siswa yang dinilai hasil belajarnya tuntas mencapai minimal 85%. Dari tabel menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya tuntas sudah mencapai 91,18%, maka PTK ini sudah berhasil.
Referensi
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Emi Emilia, 2016, Pendekatan Berbasis Teks Dalam Pengajaran Bahasa Inggris, Bandung: Kiblat Buku Utama
Fajri, Em Zul Dan Ratu, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, T.T.P: Difa Publisher,T.T
Jurnal Kependidikan Edu Indonesia, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (Ispi) Cabang Semarang.
N. Sudjana, 2007, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Nur Zaida, 2014, Bright an English Course for Junior High School Student Grade 1, Jakarta: Erlangga
Nur Zaida, 2014, Bupena (Buku Penilaian Autentik), Jakarta: Erlangga.
Mahfud AN, 2017, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Semarang: Rafi Sarana Perkasa
Martinis Yamin, 2007, Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Pers Dan Center For Learning Innovation (Cli)
Moh. Suardi, Syofrianisda, 2018, Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu
Oemar Hamalik, 2008 Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Akasra
Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama, 2016, Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogjakarta: Aditya Media Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (Hpbi) Wilayah Jawa Tengah, 2013,
When English Rings A Bell, 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.