MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKHNIK PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA MATERI WRITING SKILL TEKS INTERAKSI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII-B MTSN 1 ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2020-2021

Penulis

  • Nova Susanti MTsN 1 Aceh Barat, Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.302

Kata Kunci:

PTK, Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response, Bahasa Inggris

Abstrak

Salah satu tekhnik pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran bahasa inggris adalah Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response. TPR (Total Physical Response) merupakan suatu metode pembelajaran bahasa yang disusun pada koordinasi perintah (command), ucapan (speech) dan gerak (action); dan berusaha untuk mengajarkan bahasa melalui aktivitas fisik (motor). Oleh karena itu penelitian ini mengambil judul " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response pada Materi Writing Skill Teks Interaksi Interpersonal pada Siswa Kelas VII-B  MTsN 1 Aceh Barat Tahun Ajaran 2020-2021". Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), Sedangkan intrument pengumpulan data meliputi Observasi dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Aceh Barat. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 66,25%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,5%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 63,75%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,75%. Sejalan dengan aktivitas belajar siswa yang meningkat maka pembelajaran dengan penerapan Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response juga meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Aceh Barat pada siklus I diperoleh persentase rata-rata pada kategori sedang dengan persentase 75,66 %. Pada siklus II diperoleh hasil peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pada kategori tinggi yaitu persentase 90%.Sehingga penerapan Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Aceh Barat Tahun Ajaran 2020-2021.

Referensi

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Faturrahman Pupuh dan Sutikno M. Sobry.2007.Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islam.Bandung:Refika Aditama

Freeman, Larson., Tujuan Total Physical Response., 1986, hlm:116

L. Pasaribu dan B. Simandjuntak. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Muhroji dkk. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta : UMS Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mohamad Surya. (1999). Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ngalim Purwanto (2006 ). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Nasution. S (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Priyatni, Endah Tri. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Pembelajaran Konteksual

Ratna Wilis. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: San Grafika

Sardiman, A.M (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo 2007.PanduanPenelitianTindakanKelas. YokyakartaPustaka Book Publisher.

Slavin, Robert E.2005. diterjemahkan oleh Narilita Yusron.Bandung:Penerbit Nusa Media.

Surakhman, Prof. Dr. Winarno. 1980. Metode Pengajaran asional. Bandung: Jemmars

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-20

Cara Mengutip

Susanti, N. . (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKHNIK PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA MATERI WRITING SKILL TEKS INTERAKSI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII-B MTSN 1 ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2020-2021. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 28–32. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.302

Terbitan

Bagian

Artikel