INTEGRASI MATERI ARAH MEDAN MAGNET DENGAN ARAH TAWAF DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PENGETAHUAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.319Kata Kunci:
Arah Medan Magnet dan Arah Tawaf, Integrasi dan Karakter ReligiusAbstrak
Amanat konstitusi menyiratkan perlunya integrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran, khususnya dalam ilmu pengetahuan. Namun kenyataannya, masih banyak guru yang belum mampu melakukan inovasi-inovasi yang bisa mengaitkan pengetahuan dengan nilai-nilai karakter religius. Sebagai upaya solusi penulis mencoba mengintegrasikan materi arah medan magnet dengan arah tawaf. Filosofi pergerakan orang-orang tawaf yang mengelilingi ka’bah sama arah gerakanya dengan arah medan magnet yang berputar mengelilingi kawat listik. Maka dengan penelitian ini, diharapkan meningkatnya karakter religius yang sangat penting dalam setiap proses pembelajaran sains di sekolah untuk pembentukan siswa beriman dan bertakwa.
Referensi
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustofa, A. (2018 ). Pusaran Energi Ka’bah. Bandung; Padma Pres.
Ramadanti, E.C. ( 2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA, Tawadhu, 4( 1 ), 1053-1062
Ramami, D.S. ( 2020 ) Integrasi Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Pada Kegiatan Muhadarah di MAN Pangkalpinang, Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2 (1 ), 63-78
Sugiyono. (2019). Metode penelitian. Bandung: Albeta Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.