PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN PERAN DENGAN TEKNIK KREATIF DRAMATIK SAYEMBARA UNTUK SISWA KELAS XI TITL 2 SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2021-2022
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.378Kata Kunci:
Peningkatkan Belajar, Ketarampilan, Bermain Peran, SayembaraAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan siswa dalam bermain peran melalui teknik kreatif dramatik sayembara yang memberikan kesempatan anak untuk melihat perkembangan anak ketika berimajinasi dalam memerankan sebuah cerita baik itu berupa menghayati sifat-sifat dari tokoh tersebut yang sedang diperankannya. Dengan adanya permainan bermain peran bagi anak-anak, ia sudah mulai aktif ,antusias,bersemangat dalam mengungkapkan pendapat serta aktif dalam berkomunikasi dengan teman-temannya. Metode penelitian yang saya gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjeknya adalah siswa kelas XI TITL 2 SMK N 2 Medan.. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 56,2 atau dalam kategori kurang, setelah mengikuti pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara, nilai rata-rata kelas siklus I yaitu 69 atau dengan kategori cukup, terjadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 12,8%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 82,6 atau dalam kategori baik, terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 13,6%. Pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara mampu mengubah perilaku siswa ke arah positif.
Referensi
Arifah, N Istiyani. (2019). Efektifitas Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Etika Pergaulan Pada Peserta Didik Kelas XI DI SMA N 1 Kota Mungkid Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Volume. 5 Nomer 7, Juli 2019. (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Ena, Zet dan Sirda H. Djami. (2020). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Jurnal Among Makarti Vol.13 No.2 – Tahun 2020. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Link https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/download/198/192 (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Hermawan, Dani dan Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 12 No. 1 | Bulan April 2019 | ISSN 1978-9842. Link http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis (Diakses pada tanggal 15 Maret 2022).
Lestari, Puji. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No.2 Tahun 2019. Link https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/download/194/149/610 (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Madyawati, Lilis. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta: Kencana.
Muin, Ibrahim. (2021). Menggunakan Metode Partisipatori Dengan Teknik Attl (Amati, Tanya, Tulis, Laporkan) Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VIIIA MTs Negeri 1 Kotabaru Tahun Pelajaran 2018/2019. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 9 No. 2, September 2021. Link http://ejurnal.stkip- pb.ac.id/index.php/jurnal/article/download/196/152/ (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Mulyati, Sri. (2020). Analisa Karakter Tokoh Andrea Dalam Film The Devil Wears Prada Berdasarkan Pendekatan Humanistik. Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra Volume 12 No. 1 Maret 2020 E-ISSN2579-3438 https://doi.org/10.31294/w.v12i1 (Diakses pada tanggal 15 Maret 2022).
Ningrum, Dian Cahya.(2020). Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah. Skripsi Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro Lampung. Link https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3370/1/SKRIPSI%20DIAN%20CAHYA%20NINGRUM%20NPM.%201601050010.pdf (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Nurlaili, Siti. (2020).Pengaruh Intensitas Latihan Teater Terhadap Kemampuan Bermain Drama Anggota Teater Generasi Medan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Link http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/4915/Skripsi%20Siti.pdf;jsessionid=8E9292E6BF1D067DCD7ADB4266C65E8D?sequence= (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Priatna, Tedi.(2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri. http://digilib.uinsgd.ac.id/16411/1/Buku%20Prosedur%20Penelitian.pdf (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Rahmadani, Uci. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Negeri Pembina Pagaruyung. Skripsi Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar. Link https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/11564/1558672280842_PUSTAKA.pdf?sequence=1&isAllowed=y (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).
Riadi, Muchlisin. (2019). Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing). Link https://www.kajianpustaka.com/2019/05/model-pembelajaran-bermain-peran-role playing.html (Diakses pada tanggal 07 Maret 2022) Rusydiyah, A. M. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif; Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Sesilia Pradita Novita. (2017). Penggunaan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Sikap Bekerja Sama Dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas Viii B Smp Institut Indonesia Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Link https://repository.usd.ac.id/9856/2/121224022_full.pdf (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.