PENGARUH KELENGKAPAN ADMINISTRASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SMP ALWASHLIYAH 4 MEDAN

Penulis

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.381

Kata Kunci:

Kelengkapan Administasi, Motivasi Kerja Guru

Abstrak

Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang berkualitas sebagai upaya memajukan peradaban Indonesia. Tentu dalam membentuk peserta didik sesuai dengan yang diharapkan perlu adanya tenaga pendidik yang sesuai dengan profesinya sebagai pendidik. Peran dari tenaga pendidik sangat dibutuhkan keaktifannya demi kelancaran proses belajar mengajar yang terjadi di sekolah. Untuk itu, demi menopang hal tersebut perlu adanya administrasi sebagai pengatur didalamnya. Sebab keberadaan administrasi dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk melayani, usaha untuk membantu, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif atau menggunakan cara statistik dengan dengan pengambilan sampel sebanyak 17 responden. Meted pengumpiulan data menggunakan observasi dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Korelasi Product Moment, maka nilai rtab dengan taraf signifikan 5% dengan  adalah sebesar 0,482. Hal ini berarti nilai  dari nilai  yaitu  sehingga hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kelengkapan administrasi sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Alwashliyah 4 Medan.

Referensi

Hendrawan, A., Laras, T., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2020). Peningkatan kepemimpinan transformasional dengan organizational citizenship behavior (OCB). Proceeding of The URECOL, 78–89.

Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23–30.

Madrid, E. N. M., Berowa, A. E., & Vosotros, A. A. (2019). Evaluation of teachers’ performance at the college of social sciences and humanities, mindanao state university, main campus using formal concept analysis. Journal of Education Khon Kaen University (Graduate Studies Research), 13(1), 61–74.

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada sdn dayah guci kabupaten pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56.

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi guru dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144–160.

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi pada tingkat SD. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 13(1), 50–61.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-15

Cara Mengutip

Nurhayati, N. (2022). PENGARUH KELENGKAPAN ADMINISTRASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SMP ALWASHLIYAH 4 MEDAN. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 96–103. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.381

Terbitan

Bagian

Artikel